Lifestyle

Sebelum Melahirkan, Pastikan Moms Telah Menyiapkan Hal Ini

by Viena Rissanty on 21 May, 2019
Community Executive

Sumber foto: Clozette Ambassador wyenneprasetyo
Buah hati merupakan anugerah dari tuhan yang selalu dinanti oleh setiap pasangan suami dan istri. Meski tidak sedikit perubahan mental dan fisik yang harus dijalani, momen kehamilan selalu dinikmati oleh moms. Ada pun mitos pada masa kehamilan, mulai dari makanan hingga barang yang harus dipersiapkan. Beberapa adat dan budaya di Indonesia memperbolehkan moms membeli pakaian anak pada usia kandungan 7 bulan. Namun, tidak sedikit moms yang telah menyiapkan perlengkapan untuk bayi dari jauh hari.
Rasanya sangat senang dan semangat untuk memilih perlengkapan bayi, sehingga moms lupa untuk menyiapkan diri. Agar perasilnan berjalan dengan lancar, pastikan moms tidak melewatkan hal penting berikut.
Birth Plan
Meski masih jarang dilakukan di Indonesia, birth plan atau perencanaan persalinan merupakan hal yang sangat penting, untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan. Moms harus menentukan metode persalinan, seperti melahirkan secara normal, sesar, melakukannya di rumah atau di rumah sakit. Tidak ada salahnya untuk membuat 2 birth plan agar lebih fleksibel menyesuaikan kondisi saat moms melahirkan. Pastikan birth plan telah dikomunikasikan dengan dokter, bidan, suami, dan pendamping saat persalinan.
Hospital Bag
Jika moms telah memasuki masa kehamilan trimester 3 atau bulan ke 8,moms harus menyiapkan hospital bag. Pastikan moms menyimpan hospital bag di tempat yang terlihat seperti ruang tamu, agar mudah dibawa saat moms harus melakukan persalinan. Pastikan moms telah menyiapkan perlengkapan bayi,seperti baju, selimut, hingga car seat. Perlengkapan moms, seperti pakaian selama dirumah sakit, dokumen penting, serta peralatan elektornik.
Persiapan Mental
Tidak hanya menyiapkan barang, tetapi mental moms juga harus dipersiapkan secara matang sebelum melahirkan. Banyak dari moms yang takut akan melahirkan sehingga dapat menimbulkan baby blues. Untuk menghindari hal tersebut, moms dapat memanjakan diri sebelum melahirkan dengan cara spa khusus ibu hamil. Selain itu moms juga bisa mengikuti couple class atau seminar persiapan persalinan bersama suami.
Persiapan Fisik
Telah menyiapkan semua yang diperlukan, jangan lupa untuk menyiapkan fisik moms untuk persalinan. Moms dapat melakukan olahraga yoga khusus untuk ibu hamil, senam hamil, hingga berenang agar memudahkan proses persalinan. Moms juga bisa mengikuti kelas pernapasan, dan pain management.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel