Lifestyle

Sedang Hamil? Hindari Kandungan Skincare Ini

by Viena Rissanty on 11 Mar, 2019
Community Executive

Sumber foto: Clozette Crew @puitika
Hamil merupakan momen berharga bagi setiap calon orang tua. Selalu diselimuti rasa bahagia, masa kehamilan juga bisa menjadi masa yang membingungkan khususnya untuk ibu. Saat hamil, ibu akan memiliki pantangan terhadap makanan untuk menjaga kesehatan calon bayi. Tidak hanya itu, ibu juga perlu memperhatikan kandungan yang terdapat dalam produk perawatan kulit. Agar tidak salah pilih, berikut kandungan skincare yang harus diperhatikan berdasarkan Clozetter Insommia:
Clozetter Insommia mengategorikan kosmetik berdasarkan FDA/BPOM Amerika Serikat sebagai berikut:
A= Aman, studi dilakukan pada manusia
B= Cukup, dengan catatan studi dilakukan pada hewan dan manusia
C= Kekurangan studi pada manusia
X= Abnormalitas
Retinoid merupakan salah satu kandungan yang sering ditemui pada perawatan kulit wajah untuk mengatasi jerawat, kerutan, dan menjaga keelastisitasan kulit. Tidak semua kandungan Retinoid dapat digunakan, sehingga patut menjadi catatan Ibu hamil dan juga ibu menyusui. Terbagi menjadi beberapa jenis, seperti Tretinoin dan Adapalene termasuk dalam kategori C. Tazarotene termasuk dalam kategori X. Adapun Retinol, Retinaldehyde, serta Retinyl Palmitate yang memerlukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika memang sangat dibutuhkan.
Selanjutnya, terdapat kandungan Salicylic Acid (SA) yang merupakan jenis obat Keratolitik. Efektif untuk membersihkan kulit hingga menembus pori-pori, Salicylic Acid (SA) termasuk dalam kategori C. Hydroquinone adalah kandungan yang terkenal untuk memutihkan kulit. Meski tergolong dalam kategori C, Hydroquinone dapat digunakan dengan pengawasan dokter.
Merupakan anggota AHA, Glycolic Acid termasuk dalam kategori aman digunakan dengan konsentrasi 30-70% untuk meremajakan kulit. Terkenal untuk mengatasi kulit kering, kasar, dan bersisik, Lactic Acid aman digunakan dengan konsentrasi sebesar 2%. Terakhir, kandungan Niacinamide memiliki kategori aman untuk ibu menyusui.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel