Fashion

Selebrasi Brand Tanah Air dalam Kawan Nusantara TULOLA

by Annisa Muthia on 27 Aug, 2023
Sr. Content Executive

Tahun ini menjadi tahun ketiga hadirnya Kawan Nusantara, sebuah inisiasi TULOLA untuk memberikan ruang eksplorasi sekaligus berkolaborasi dengan UMKM Indonesia. Kali ini, bersama dengan PT. Pegadaian dan BRI, TULOLA menggandeng 8 brand lokal yang memiliki semangat kearifan lokal, menghargai warisan leluhur, namun tetap berinovasi dengan modern dalam Kawan Nusantara 2023 yang berlangsung tanggal 24-25 Agustus 2023 lalu di Nusantara Ballroom, The Dharmawangsa, Jakarta.

 

“Para brand yang terlibat memiliki spirit yang sama, yaitu mengangkat tema ke-Indonesiaan dan mampu membuat jembatan antara masa lalu dan masa kini. Dengan bersinergi, kami dapat tumbuh bersama untuk menggerakkan roda perekonomian Indonesia berlandaskan kreativitas dan seni,” tutur Happy Salma, Founder sekaligus Creative Conceptor TULOLA

Angkasa dan Bumi: dari Brand hingga Talenta Tanah Air

 

Dalam Kawan Nusantara kali ini, beberapa brand yang terlibat hadir dari kategori yang berbeda. Mulai dari fashion yang diwakili Adrie Basuki, Bebeboo dari Surabaya, Ikat Indonesia by Didiet Maulana, TobaTenun, dan brand tas kulit Peau dari Bandung.

 

Bersamaan dengan acara ini, TULOLA juga mempersembahkan pertunjukan pembukaan yang memukau, berkolaborasi dengan Josh Marcy, seniman koreografer tari yang sering terlibat dalam project kolaborasi internasional. Bertajuk “Ritus Semesta”, pertujukan ini menampilkan gerak tari, musik, dan vokal yang interaktif dengan interaksi ruang maupun penonton yang hadir. Seniman Dewi Gita, Jessica Yanuar, hingga maestro Nyoman Nuarta turut memeriahkan momen ini. Sang maestro memperlihatkan mahakarya berupa instalasi patung bertajuk Dancing Queen II yang terpampang megah.

“Angkasa dan Bumi” menjadi konsep suguhan yang dihadirkan oleh TULOLA kali ini. Merupakan konsep dualitas – dua hal kontras yang saling terpaut, TULOLA mengajak para pengunjung menyelami perasaan-perasaan yang magis namun tetap membumi.

 

Hal tersebut tertuang dalam instalasi ruang imersif yang membawa penonton seakan masuk ke dunia baru yang magis dan memesona. Instalasi ini merupakan buah karya Rangga Djoned, aktor sekaligus direktur artistik dan kreatif berbagai event besar, dan Sigit D. Pratama, spatial desainer sekaligus pendiri this/PLAY Studio, serta didukung oleh EPSON.

Koleksi Artwear Kawan Nusantara 2023

 

Bertepatan dengan momen ini, TULOLA turut menghadirkan koleksi artwear yang terdiri dari 17 items berupa anting, kalung, dan gelang. Koleksi yang memadukan kepiawaian pekerjaan tangan dengan tenik perhiasan adiluhung Nusantara ini diberi nama Esa, Leluhur, Salam Nuswantara, Wijaya Kusuma, dan Serumpun.

 

-       Esa: mewakili energy sebagai sumber kekuatan utama dan kreativitas

-       Leluhur: metafora dari karakter atau identitas dari akar kita, yakni Indonesia

-       Salam Nuswantara: Sebuah doa bahwa Indonesia lebih dari tanah yang bisa dilihat secara kasat mata

-       Wijaya Kusuma: Penggambaran tanah Indonesia yang indah dan beragam

-       Serumpun: Dasar bahwa manusia selali berkumpul bersama

Koleksi terbaru ini memiliki makna dalam yang lebih bisa dinikmati bersama dengan seni interaktif yang dihadirkan selama Kawan Nusantara 2023 berlangsung.