Lifestyle

Suara Nicholas Saputra Dalam Serial Ilustrasi Puisi

by Annisa Muthia on 01 Dec, 2020
Community Executive

Siapa yang tak tahu film Ada Apa Dengan Cinta (AADC)? Rasanya hampir tak ada. Telah melekat di hati para penikmat film, khususnya millennials, AADC yang awalnya dirilis tahun 2002 kini memiliki sekuel berjudul Ada Apa Dengan Cinta 2 yang diluncurkan tahun 2016 lalu. Tentunya, sosok Rangga dan Cinta masih diperankan oleh aktor ternama Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo.

 

Satu hal yang melekat dengan kisah Rangga dan Cinta adalah puisi. Karakter Rangga yang amat mencintai sastra digambarkan gemar membuat puisi, menjadikan puisi sebagai media untuk mencurahkan perasaannya dari waktu ke waktu. Puisi-puisi yang ada dalam film AADC 2 ini merupakan karya dari Aan Mansyur, seorang sastrawan yang dikenal akan karya-karya tentang cinta yang berhasil mengaduk emosi para pembaca. 

Mendukung industri seni dan kreatif Indonesia, OPPO Find X2 Series, perangkat smartphone flagship dari OPPO, bekerja sama dengan Miles Film untuk menghidupkan puisi-puisi Aan Mansyur dalam serial video ilustrasi. Bertajuk ‘Tidak Ada New York Hari Ini – Supported by OPPO Indonesia’, proyek seni ini melibatkan Nicholas Saputra sebagai narator, serta Wulang Sunu, Lala Bohang, Rhesa, dan Pinot, sebagai ilustrator. Diproduseri oleh Mira Lesmana dan Riri Riza, serial dengan format film animasi pendek ini merupakan karya unik yang dipersembahkan untuk mengapresiasi sastra Indonesia.

Keunikan ilustrasi puisi ini tak hanya terletak pada formatnya, tetapi juga dalam proses pembuatannya yang bersifat daring. Keempat ilustrator ini berada di empat kota berbeda, yakni Jakarta, Yogyakarta, Makassar, dan New York. Meskipun demikian, karya ini dapat diesksekusi dengan apik dan menjadi karya yang dibanggakan oleh para seniman dibaliknya.

 

Masing-masing ilustrator menuangkan warna dan ciri khasnya, membuat penonton semakin menyelami dan memaknai puisi-puisi dari Aan Mansyur ini. Wulang Sunu, ilustrator beraliran psychedelia, menampilkan warna-warna kuat dan ilustrasi wayang Jawa dalam puisi ‘Pukul 4 Pagi’. Rhesa, yang dikenal sebagai musisi, kali ini menunjukkan kemampuannya sebagai ilustrator melalui ilustrasi puisi ‘Memandang Dunia dari Jendela Kafe’. Kamu juga bisa menjumpai karya Lala Bohang dalam episode pembuka ‘Aku Tidak Pernah Betul-Betul Pulang’, sebuah karya yang sarat akan kegelisahan hati. Lala menyampaikan rasa gelisah tersebut dalam gambaran sepasang kaki yang mencari ‘rumah’nya. Selanjutnya ada Pinot, ilustrator yang dikenal dengan karya-karya berteknik Stop Motion-nya. Ia menyuguhkan ilustrasi puisi ‘Tidak Ada New York Hari Ini’ dengan spontanitas tinggi. Keempat animasi tersebut hadir dengan suara khas Nicholas Saputra dan musik pengiring dari Anto Hoed.

Terlibat dalam serial ‘Tidak Ada New York Hari Ini – Supported by OPPO Indonesia’, OPPO Find X2 Series turut mendukung proses kreatif proyek ini dengan layar terbaik smartphone-nya. Karya ini juga merupakan jembatan menuju OPPO Find X3 Series dengan spektrum warna yang lebih kaya dan akan hadir bulan Maret 2021 mendatang. Melalui fitur Full-path Color Management System, kamu bisa menikmati suguhan warna lebih detil layaknya melihat langsung, hanya melalui layar smartphone. Diharapkan, seri terbaru OPPO ini dapat membuat penggunanya berani menembus batas dalam berkreasi.

 

Episode pertama serial ilustrasi ‘Tidak Ada New York Hari Ini – Supported by OPPO Indonesia’ bisa kamu saksikan mulai tanggal 10 Desember 2020 melalui kanal Youtube OPPO Indonesia dan Miles Films. Episode selanjutnya hadir pada tanggal 13 Desember 2020, 16 Desember 2020, dan 22 Desember 2020. Rangkaian film pendek ini bisa kamu nikmati hingga bulan Desember 2022 mendatang.

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Latest Articles
Kolaborasi Limited Edition untuk Summer yang Penuh Warna
30 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty