Lifestyle

Tiga Karakter Berbeda Dalam Museum MACAN

by Annisa Muthia on 01 Dec, 2018
Community Executive

Sumber foto : @museummacan

Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) kembali dibuka untuk publik tepat tanggal 17 November 2018 lalu. Kali ini, Museum MACAN menampilkan rangkaian karya dari tiga seniman Asia dengan karakteristik yang berbeda satu sama lain. Mereka adalah Arahmaiani dengan The Past Has Not Passed, Lee Mingwei dengan Seven Stories, dan On Kawara dengan One Million Years (Reading).

Arahmaiani merupakan salah satu seniman kontemporer yang cukup berpengaruh di Asia Tenggara pada tahun 1990an. Karya-karyanya meliputi instalasi awal, lukisan, gambar, dokumentasi foto dan video, tulisan, publikasi, serta performans. Melalui The Past Has Not Passed, Arahmaiani menggambarkan kondisi sosial dan budaya pada zaman tersebut.

Seven Stories karya Lee Mingwei menampilkan tujuh karya yang berpusat pada rasa percaya, keintiman, dan kesadaran diri. Hal tersebut terlihat dari instalasi partisipatoris seperti Sonic Blossom (2013/2018), dimana pengunjung yang terpilih dapat menerima pemberian berupa lagu, dan The Dining Project (1997/2018) yang akan mengajak pengunjung yang beruntung untuk menikmati jamuan makan malam di museum.

Berbeda dengan dua seniman lainnya, karya On Kawara bertajuk One Million Years merupakan reading project yang melibatkan dua orang relawan, laki-laki dan perempuan, untuk membaca nama tahun dalam karyanya. Terdapat dua bagian dalam karya ini, yakni One Million Years [Past] dan One Million Years [Future]. Kamu juga bisa terlibat menjadi relawan yang membaca, lho, Clozetters.

Selain tiga seniman di atas, kamu juga bisa melihat koleksi museum di lantai dua. Karya-karya dari Andy Warhol, Robert Rauschenberg, dan seniman kontemporer lainnya menghiasi dinding museum dalam koleksi Pop and Beyond.

Pameran Arahmaiani, Lee Mingwei, dan On Kawara dapat kamu lihat hingga 10 Maret 2018 mendatang. Untuk jadwal performans dan pemesanan tiket, kunjungi Instagram @museummacan atau www.museummacan.org. Jangan lupa untuk selalu patuhi peraturan museum, termasuk tidak mengambil foto pada karya-karya tertentu. Selamat berkunjung, Clozetters!

Alamat Museum MACAN :

Jl. Panjang No. 5

Pukul 10.00 - 19.00

(021) 2212 1888 / info@museummacan.org

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel