Lifestyle

Tool Baru Untuk Mengukur Kepintaran Akal Fisik Sosial Si Kecil Sudah Dirilis!

by Dilla on 04 Jan, 2019
Community Executive

Tingkah pola si Kecil saat umur 1 tahun, sudah pasti berbeda dengan saat usianya memasuki umur 3 tahun. Namun, apakah tumbuh kembangnya sudah sesuai dengan usianya? Hal ini menjadi topik utama dalam acara Clozette x Parenting Club ID tanggal 15 Desember lalu di Society Complex Surabaya.

Dalam acara ini hadir Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K)

- Aspek Motorik Halus (aktivitas dengan otot besar seperti berjalan)

- Aspek Motorik Kasar (aktivitas dengan otot kecil seperti memegang pensil)

- Aspek Bicara-Bahasa (kemampuan mengekspresikan ide)

- Aspek Sosialisasi-Kemandirian (kemampuan berinteraksi sosial)

Keempat aspek ini saling membutuhkan satu sama lain dan apabila bersinergi akan nampak dalam kepintaran akal, fisik dan sosial. Karena masing-masing anak mempunyai cara yang berbeda, maka kepintaran akal, fisik dan sosial yang diperlihatkan juga akan berbeda.

- Kepintaran Akal adalah kemampuan si Kecil mengembangkan strategi untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

- Kepintaran Fisik adalah kemampuan si Kecil melakukan aktifitas fisik yang diinginkannya.

- Kepintaran Sosial adalah kemampuan dalam berinteraksi sosial dengan berbagai objek di lingkungan sekitar.

Sinergi ketiga kepintaran tersebut akan membentuk dua kemampuan si Kecil di usia 6 tahun keatas, yaitu kecerdasan dan perilaku. Oleh karena itu agar si Kecil mempunyai kecerdasan yang cemerlang dan perilaku yang baik, dibutuhkan kepintaran akal, fisik dan sosial yang seimbang.

Masih berbicara mengenai tumbuh kembang si Kecil, dalam acara ini turut hadir Margenie, Miss Grand Indonesia 2014 yang juga seorang Influencer Mam. Margenie  turut menceritakan pengalamannya saat mengasuh Mario, putra pertamanya yang kini telah berumur 2 tahun 9 bulan.

“Dulu waktu umur 1 tahun, Mario belum begitu lancar berbicara, baru sebatas menyebutkan "Mam" dan "Pap". Dibandingkan dengan teman-teman sebayanya terutama perempuan yang biasanya sudah bisa berbicara dengan lancar. Saat itu saya sempat berpikir, apakah Mario terlambat? Namun Mam kita sebenarnya harus melihat dari sisi lain juga, jangan terlalu membandingkan karena setelah diperhatikan Mario memang belum begitu kuat dalam segi verbal, namun dari segi fisik, Mario tergolong lincah karena sudah bisa lari-lari, manjat dan lainnya. Jadi selama masih dalam batasan yang normal, sebenarnya tidak perlu khawatir.”, ujar Margenie.

Dari cerita Margenie, memang penting sekali mengetahui kepintaran si Kecil. Untuk Mam yang masih bingung, di event kali ini, Parenting Club sekaligus memperkenalkan tool baru mereka, yaitu Kalkulator AFS (Akal, Fisik, Sosial). Mam yang hadir di acara ini menjadi yang pertama mencoba tool baru ini, lho!

tool ini dikreasi dan diverifikasi oleh Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K)

Dijelaskan oleh Mam Lily dari Parenting Club, Kalkulator AFS Kalkulator ini dapat membantu Mam dan Pap menilai tingkat sinergi Akal Fisik dan Sosial si Kecil usia 6 bulan sampai 7 tahun dengan harapan Map dan Pap selanjutnya dapat menemukan simulasi yang tepat sesuai kebutuhan si Kecil.

Cara menggunakan Kalkulator Akal Fisik Sosial sangat mudah, cukup masuk dan mendaftar ke website https://www.parentingclub.co.id/kalkulator-afs.  Kemudian Mam dapat memasukkan data si Kecil sesuai usianya. Selanjutnya akan muncul pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan usia si Keci. Setelah Mam menjawab semua pertanyaan, akan muncul skor akhir masing-masing aspek akal, fisik dan sosial si Kecil beserta rekomendasi jenis stimulasi yang sebaiknya dilakukan untuk si Kecil.

Untuk Mam yang belum berkesempatan hadir di event kemarin, juga sudah dapat mencoba langsung tool Kalkulator Akal Fisik Sosial di website https://www.parentingclub.co.id/

Selamat mencoba dan memaksimalkan tumbuh kembang si Kecil sesuai usianya, Mam!

More From Lifestyle
Semangat Emansipasi di Kartini Cup, Turnamen Cricket Putri untuk Atlet Muda
23 Apr, 2024
Lifestyle , Wellness
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Clozette Ngabuburit sambil Throwback Liburan ke Hong Kong!
30 Mar, 2024
Lifestyle , Travel
Latest Articles
Wajib Lirik 5 Kolaborasi Fashion Terbaru!
26 Apr, 2024
Cooljapan
Snack Jepang yang Wajib jadi Bucket List Kamu
25 Apr, 2024
Cooljapan , Food
Semangat Emansipasi di Kartini Cup, Turnamen Cricket Putri untuk Atlet Muda
23 Apr, 2024
Lifestyle , Wellness
Kimono: Dari Pakaian Tradisional hingga Tren Fashion Modern
21 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty
Intip Tiga Desain Gemas INNISFREE X Steven Harrington
19 Apr, 2024
Beauty , Skincare