Lifestyle

Vitamin Supplements For Vegetarian

by Dilla on 30 Mar, 2022
Sr. Community Executive

Sumber foto: Clozetter shanty_huang

Apabila Clozetters follow Instagram @ClozetteID, mungkin ada yang pernah lihat di salah satu sesi Instagram Live, saya dan Viena pernah share beberapa benefit yang kita dapatkan selama menjadi vegetarian. Mulai dari membuat tubuh terasa lebih ringan, sakit saat haid berkurang, dan saya juga lebih jarang terkena migrain.

Walaupun banyak manfaat, tetapi saya juga punya satu concern: saya tidak mengonsumsi daging, apakah kebutuhan nutrisi saya dapat tetap terpenuhi?

Dari beberapa referensi yang saya temukan mengatakan bahwa sebetulnya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita bisa terpenuhi dengan makanan vegetarian. Namun, terkadang kembali lagi ke gaya hidup masing-masing orang. Saya sendiri, jujur belum merasa dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian saya, karena itulah saya mengonsumsi suplemen tambahan

Ini dia empat suplemen yang mungkin dibutuhkan oleh seorang vegan/vegetarian:

Sumber foto: Clozetter rayditaa

1. Vitamin D 600 IU / hari
Fungsi: menambah imunitas tubuh, membantu penyerapan kalsium, mengurangi nyeri haid.
Mungkin untuk suplemen yang satu ini beberapa dari Clozetters sudah rutin minum semenjak pandemi Covid-19 muncul. Apabila Clozetters merasa sudah rutin berjemur, bisa skip suplemen vitamin D, tetapi untuk pekerja urban seperti saya, suplemen vitamin D perlu untuk dimasukkan.
2. Vitamin B12 2,4 mcg / hari
Fungsi: produksi sel darah merah dan mencegah anemia.
Suplemen ini juga menjadi salah satu yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh semua yang melakukan diet vegetarian, karena vitamin B12 sedikit sulit ditemukan di bahan makanan nabati. Kenapa? Karena vitamin B12 dihasilkan dari bakteri yang biasanya ditemukan di dalam daging. Salah satu bahan makanan nabati yang mempunyai hal tersebut adalah tempe.

Sumber foto: Clozetter DaraKembara

3. Iron 14,8 mg
Fungsi: merupakan komponen penting sel darah merah.
Iron sebetulnya bisa dengan mudah didapatkan di bahan makanan nabati. Namun, dari penelitian Iron dari nabati lebih sulit diserap oleh tubuh, sehingga vegetarian harus mengonsumsi makanan yang mengandung Iron dua kali lebih banyak. Apa saja makanan yang mengandung Iron? Stroberi, tomat, jeruk, dan makanan lain yang mengandung vitamin C. Selain itu juga ada brokoli dan kol.
4. Omega-3 Fatty Acids
Fungsi: menjaga kesehatan jantung.
Suplemen yang satu ini juga sangat opsional. Banyak bahan makanan nabati yang mengandung omega-3 fatty acids seperti minyak kedelai, walnuts, flaxseed oil, dan lainnya. Namun, sayangnya ada bukti yang menunjukkan omega-3 fatty acids dari nabati tidak bisa mengurangi resiko sakit jantung sebaik omega-3 fatty acids dari minyak ikan. Nah, bagi kamu yang cukup concern dengan hal ini, bisa mencoba mengonsumsi suplemen omega-3 dari rumput laut.
Referensi:
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/in-depth/vegetarian-diet/art-20046446
https://www.instagram.com/p/CXN8AgtvCwU/
https://www.nhs.uk/live-well/eat-well/vegetarian

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel