Lifestyle

Yuk, Kenali Perilaku Anak Di Usia Pra Sekolah!

by Cynda Adissa Lianita on 25 Sep, 2017
Content Writer

Melihat si Kecil tumbuh dengan sehat, aktif, dan ceria membawa kebahagiaan tersendiri untuk para Mam dan Pap. Tahukah Mam, 1000 hari pertama si Kecil atau usia pra-sekolah merupakan masa emas anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Sebagai orang tua, tentunya Mam dan Pap perlu mengenali perilaku anak usia pra-sekolah. Hal ini ditujukan agar Mam dan Pap memahami aspek kemampuan yang menonjol dari si Kecil.
Bagaimana cara mengenali perilaku anak usia sekolah dengan tepat? Pertanyaan besar ini dibahas secara mendalam pada gathering Clozetters bersama Parenting Club yang diselenggarakan pada 14 September 2017, di Harlequin Bistro, Kemang Jakarta. Pada acara ini turut mengundang Dr. Dr. Rini Sekartini, Sp.A(K) dan Ayudia Bing Slamet sebagai salah satu Mam yang inspiratif dari kalangan selebriti, yang kini sedang menikmati perannya sebagai seorang Mam dengan anak usia pra-sekolah, yaitu si Kecil Sekala.
Berdasarkan test Smart Strength Finder (SSF) di website Parenting Club ID, ada tiga kepintaran (dari 8 kepintaran) yang menonjol dari Sekala, yaitu Music Smart, Number Smart, dan Picture Smart. Ayudia juga mengakui bahwa Sekala memang sangat terlihat interest dengan music. Hal ini juga disebabkan karena ayah dari Sekala, Dito, merupakan seorang musisi. Pada usia Sekala yang menginjak 1 tahun 3 bulan juga menjadi masa saat si Kecil sedang aktif-aktifnya. Baik Ayudia dan Dito pun berusaha untuk selalu melibatkan Sekala dalam rutinitas mereka berdua agar tidak ada kecenderungan bahwa Sekala akan merasa lebih dekat dengan Ayudia atau dengan Dito, semuanya dilakukan agar Sekala mendapatkan perhatian yang sama. 
Dr. Rini juga menjelaskan bahwa ada 3 aspek mendasar untuk mengenali perilaku anak usia pra-sekolah, yaitu Akal, Fisik, dan Sosial. 
1. Perkembangan kemampuan Fisik 
Aktif melakukan kegiatan yang melibatkan seluruh anggota tubuh. Contoh: 
- Senang melakukan kegiatan “lempar tangkap” 
- Sering beresiko mengalami insiden kecelakaan, misalnya terjatuh 
- Eksplorasi pergerakan fisik semakin meningkat 
2. Perkembangan kemampuan Akal 
Aktif bertanya atau melakukan sesuatu yang melibatkan otak/membuatnya berpikir lebih. Contoh:
- Senang bertanya tentang segala hal 
- Dapat mengingat lebih dari satu ide/pemikiran pada waktu yang sama 
- Belum dapat mengekspresikan “hal yang ada di “ dengan “hal yang sebenarya terjadi” 
3. Perkembangan Sosial 
Aktif melakukan interaksi dengan orang lain. Contoh:
- Belajar pertemanan 
- Belajar bermain secara kelompok 
- Membutuhkan bantuan orang lain untuk menentukan sebuah batasan 
Setiap anak memiliki kepintaran yang berbeda. Oleh karena itu, jangan pernah membandingkan si Kecil dengan anak lain yang sebaya dan hindari memberikan penilaian secara sesaat. Agar dapat mengenali kepintaran si Kecil dengan baik, Mam harus mengukurnya berdasarkan parameter yang melibatkan aspek Akal, Fisik, dan Sosial. Cobalah untuk memberikan penilaian secara regular dan rutin. Sehingga Mam bisa mengetahui sejauh apa si Kecil telah berkembang.
Sementara para Mam berada di dalam ruangan untuk talkshow bersama dr. Rini dan Ayudia. Para Pap dan Si Kecil berada di Stimulation Room bersama Kak Budihaha. Ka Budihaha mengajak si Kecil untuk mengasah kreativitas mereka. Mulai dari mengenali bentuk dan jenis yang kemudian meminta si Kecil untuk menggolongkan atau memasangkannya agar sesuai pada tempatnya. Selain itu, Ka Budihaha juga mengajak si Kecil melakukan berbagai aktivitas lain seperti lempar-tangkap, dan bercerita dengan sarana boneka. 
Acara berlangsung dengan seru dan ramai dengan celotehan si Kecil. Para Mam juga sangat antusias bertanya mengenai perilaku si Kecil. Selain talkshow dan aktivitas seru si Kecil bersama Ka Budihaha, para Mam juga ditantang dalam berbagai games seperti POTD Contest dan Live Report. Selain bersemangat dan antusias menyimak talkshow, para Mam juga aktif di sosial media untuk berbagi informasi kepada teman-teman mereka. Selamat kepada para pemenang! Terima kasih untuk para Mam, Pap, dan si Kecil yang sudah hadir dalam Clozetters Gathering bersama Parenting Club ID. See you on the next event!

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel