Lifestyle

Yuk, Kenali Tumbuh Kembang Si Kecil Melalui Tools Ini

by Annisa Muthia on 07 Feb, 2019
Community Executive

Sumber foto: Clozette Ambassador Diarykania

Menjadi seorang ibu adalah anugerah luar biasa untuk kaum perempuan. Mulai dari persiapan masa kehamilan, melahirkan, hingga menantikan si Kecil tumbuh menjadi momen yang terasa “ajaib” di setiap detiknya. Hal tersebut membuat banyak Mam yang merasa khawatir mengenai tumbuh kembang si Kecil, terutama ketika aktivitas yang ia tunjukkan berbeda dengan anak-anak lain. Jika hal tadi masih mengganggu pikiran Mam, berikut Clozette rangkum secara singkat penjelasan mengenai tumbuh kembang si Kecil.

 

Masa pertumbuhan anak berlangsung sejak ia lahir hingga berusia 18 tahun, dan setiap usia menunjukkan perubahan kemampuan yang berbeda. Pada bulan-bulan awal, si Kecil akan menangkap informasi melalui indera utama, seperti penglihatan, pendengaran, perabaan dan penciuman. Hingga berumur 6 tahun, ia akan mencoba menyatukan aktivitas fisiknya dengan interaksi yang ia dapat dari lingkungan. Hal tersebut menghasilkan 4 aspek perkembangan dasar, yakni Gerak Kasar, Gerak Halus, Bicara-Bahasa, serta Sosialisasi-Kemandirian.

Aspek Gerak Kasar

Sumber foto: Star Clozetter Annisast

Pada aspek ini, si Kecil sudah bisa menggunakan kekuatan otot-otot besar penyangga tubuhnya. Ia sudah bisa tengkurap, duduk, berdiri, berjalan, hingga melompat. 

Aspek Gerak Halus

Sumber foto: Star Clozetter Annisast

Merupakan kemampuan menggerakkan otot-otot halus, pada aspek ini si Kecil sudah bisa meraih mainan di depannya, memegang pensil, ataupun menulis.

Aspek Bicara-Bahasa

Sumber foto: Clozette Ambassador Annisaramalia

Pada aspek ini, si Kecil mampu memahami informasi yang ia peroleh dari lingkungan, dan mengekspresikan ide dan keinginannya secara verbal.

Aspek Sosialisasi–Kemandirian

Sumber foto: Clozette Ambassador Yanitasya

Interaksi sosial dengan  lingkungannya membuat si Kecil memiliki kemampuan untuk mengembangkan aktivitasnya dan bertumpu pada diri sendiri. Pada aspek Sosialisasi-Kemandirian, si Kecil bisa makan sendiri menggunakan sendok, memakai pakaian sendiri, dan melakukan kegiatan mandiri lainnya.

Empat aspek yang telah disebutkan di atas saling terkait satu sama lain, dan terlihat dalam kehebatan Akal, Fisik, dan Sosial si Kecil. Akal merupakan kemampuan si Kecil merespons lingkungan sekitarnya untuk menyatakan ide, keinginan, serta mengatasi masalah yang sedang ia hadapi. Fisik ialah kehebatan si Kecil menggerakkan tubuh menggunakan kekuatan dan keseimbangan yang ia miliki, dan Sosial merupakan kemampuan si Kecil berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan di sekitarnya. Ketiganya saling berkaitan satu sama lain, dan semakin baik jika porsinya seimbang.

 

Kehebatan Akal, Fisik, dan Sosial si Kecil dibentuk oleh dua komponen utama, yakni nutrisi dan stimulasi. Nutrisi memengaruhi pembentukan sel-sel otak dan stimulasi berfungsi sebagai jembatan antara sel-sel otak tersebut. Keduanya harus diberikan sejak si Kecil masih berusia dini, terutama stimulasi yang harus dilakukan pada usia emas, di bawah 6 tahun. Kurangnya stimulasi dapat menghambat perkembangan sel otak anak dan berisiko timbulnya gangguan pertumbuhan.

Kalkulator Akal Fisik Sosial

Menjawab kebutuhan Mam, Parenting Club memperkenalkan tools untuk melihat tingkat sinergi Akal, Fisik, dan Sosial si Kecil bertajuk Kalkulator Akal Fisik Sosial (AFS). Tak hanya melihat kehebatan si Kecil, Mam juga bisa mengetahui stimulasi apa yang tepat untuk menunjang tumbuh kembang si Kecil, dan bisa digunakan untuk anak berusia 6 bulan sampai 7 tahun. Untuk mencobanya, Mam bisa registrasi di terlebih dahulu di sini dan mencoba Kalkulator AFS di sini.

Saat ini, Clozette juga sedang membuka review contest Kalkulator AFS. Jika ingin berpartisipasi, Mam cukup mengikuti langkah di bawah ini:

1. Setelah melalui proses registrasi pada laman web Parenting Club, Mam bisa langsung melengkapi data dan menjawab pertanyaan yang ada di laman Kalkulator AFS

2. Ceritakan pengalaman Mam menggunakan Kalkulator AFS

3. Ceritakan juga pengalaman ketika Mam mencoba rekomendasi stimulasi yang diberikan

4. Posting foto di Instagram atau tulis review-nya di Blog dengan menggunakan hashtag #ParentingClubID #KalkulatorAFSReview, ajak juga Mam lain untuk mencoba Kalkulator AFS dengan menyertakan link berikut: https://bit.ly/Kalkulator-AFS

5. Untuk Mam yang membuat review di blog, jangan lupa untuk submit link Blog Mam di link berikut: bit.ly/submitlinkblog

Review contest ini dibuka hingga tanggal 28 Februari 2019. 5 orang Mam yang beruntung akan mendapatkan voucher belanja, masing-masing senilai Rp 200.000,-. Selamat mencoba!

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel