Lifestyle

Zero Tolerance Pada Hari Toleransi Sedunia

by Annisa Muthia on 19 Nov, 2018
Community Executive

Bukan rahasia lagi jika angka kekerasan berbasis gender dan seksual semakin bertambah. Perempuan masih menjadi target. Kamu pasti sudah dengar tentang mahasiswi Universitas Gajah Mada (UGM) yang mengalami pelecehan seksual ketika Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau tentang ibu Baiq Nuril, korban kekerasan seksual yang divonis bersalah dan mendapat hukuman denda sebesar 500 juta dan kurungan selama 6 bulan.

Melihat situasi tersebut, #HearMeToo; Mendengar & Berpihak pada Korban! untuk ikut serta dalam 16 days of activism, kampanye global anti kekerasan berbasis gender dan seksual yang digagas oleh UN Women.

Film is a great ice-breaker,” ujar Nia Dinata, founder 16 Film Festival, pada press conference yang diadakan tanggal 16 November 2018 lalu. “Melalui film, kita lebih berani untuk menyuarakan isi hati. Para korban kekerasan gender dan seksual jadi tergerak untuk bercerita, dan masyarakat bisa melihat suatu kasus dari berbagai sisi, termasuk sisi korban,” lanjutnya.

Bertepatan dengan press conference, tanggal 16 November juga merupakan Hari Toleransi Sedunia. 16FF mengajak publik berikrar untuk memerangi segala bentuk kekerasan. Ikrar tersebut berisi tentang Toleransi Nol pada Kekerasan Berbasis Gender dan Seksual dalam lingkup apapun, mulai dari rumah yang seharusnya menjadi tempat paling aman, sekolah, kampus, tempat kerja, ranah online, hingga yang menggunakan nama agama dan kepercayaan.

Memutarkan 16 film panjang dan 16 film pendek, 16FF akan digelar selama 16 hari, mulai dari tanggal 25 November – 10 Desember 2018. Film-film tersebut akan diputar di Jakarta, Serpong, Surabaya, Jombang, Jambi, Semarang, Rembang, Sragen, Jogja, Bengkulu, Bandara Lampung dan Denpasar.

16FF didukung oleh berbagai lembaga, seperti UNAIDS dan KOMNAS Perempuan, serta 16 Volunteer Brand Ambassador dari kalangan seniman yaitu Ananda Sukarlan, Ayushita, Chicco Kurniawan, Dea Panendra, Dena Rachman, Hannah Al Rasyid, Ichsan Akbar, Karina Salim, Lukman Sardi, Melissa Karim, Putri Ayudya, Richard Kyle, Shaloom Razade, Tara Basro, Tatyana Akman, dan Wulan Guritno.