Beauty

Face Oil 101: How It Works, Benefits, and Recommendations

by Annisa Muthia on 23 Jun, 2024
Sr. Content Executive

Naruh minyak di muka? Emang nyaman? Nggak berat atau bikin kulit breakout? Kalau kulit udah berminyak, aman nggak ya, pakai face oil?

Mungkin itu beberapa hal yang bikin kamu ragu buat mencoba face oil. Padahal, banyak loh, benefit yang bisa didapat dari face oil. Mulai dari kulit yang terasa lebih lembut, bouncy, hingga lebih supple. Well, daripada penasaran, kita bahasa tuntas tentang face oil, yuk!

 

Kenalan dengan Face Oil

 

Kulit kita memang udah punya yang namanya sebum, merupakan minyak natural yang bikin kulit terhidrasi dengan baik. Sayangnya, nggak semua natural oil di kulit kita berfungsi sebagaimana mestinya. Kadang kulit kita kekurangan minyak, bikin terasa lebih kering. Atau mungkin, minyak di kulit kita berlebih, bikin kulit kelihatan kusam dan selalu oily.

 

Nah, face oil nih punya fungsi buat menyeimbangkan kandungan minyak natural di kulit kita. Umumnya mengandung antioksidan buat menangkal radikal bebas, sekaligus bikin skin barrier kita lebih kuat. Face oil cocok buat kamu yang mau mencegah penuaan dini dan meminimalisir tampilan garis halus di kulit.

 

Beauty product yang satu ini bekerja dengan dua cara. Pertama, membantu menghaluskan dan menjaga kelembapan di lapisan kulit terluar yang disebut epidermis. Kedua, membentuk lapisan pelindung buat mencegah air keluar dari kulit kita, sekaligus menangkal pengaruh buruk dari lingkungan untuk masuk ke dalam kulit. Hmm, menarik ya?

Kulit Berminyak, bisa Pakai Face Oil?

 

Ternyata, face oil cocok buat semua jenis kulit, loh! Untuk kulit kering, produk ini memberikan efek supple, melembutkan, sekaligus bikin kulit lebih halus. Lalu, untuk kulit yang berminyak, face oil bisa jadi “trick” untuk bikin kulit nggak ngeluarin sebum sebanyak biasanya, karena kulit merasa kandungan minyak kamu udah cukup. Yes, it’s like a skincare sorcery!

 

Buat kulit berminyak, pastiin buat milih face oil yang non-comedogenic. Hindari kandungan minyak kayak coconut atau moringa oil, dan pilih yang lebih oily-skin-friendly kayak jojoba, hemp seed, dan maracuja oil.

 

 

Rekomendasi Face Oil ala Clozette!

 

Sunday Riley U. F.O. Salicylic Acid BHA Acne Treatment Face Oil

Harga: Rp 1 jutaan

Face oil yang cocok untuk acne-prone skin berkat kandungan salicylic acid dan tea tree oil-nya. Produk ini ampuh mengeksfoliasi sel kulit mati, dan punya anti bakteri buat mencegah timbulnya jerawat. Aman buat oily skin juga, tapi butuh waktu lebih lama buat meresap di kulit, jadi pastiin buat massage kulit kamu ketika menggunakannya, ya!

 

 

Amaki Japanese Tsubaki Anti Aging Face Oil

Harga: Rp 900 ribuan

 

 

Buat kulit yang udah mature, bisa banget pakai produk yang mengandung Japanese Tsubaki atau camellia oil ini. Terdapat antioksidan, vitamin, serta omega-3, 6, dan 9 fatty acids yang bikin kulit lebih radiant dan kelihatan awet muda.

 

 

Sensatia Botanicals Neroli Blossom Facial Hydrate

Harga: Rp 165 ribu

 

Buat yang cari local brand, ada oil-based moisturizer dari Sensatia Botanicals dengan kandungan avocado oil yang ngasih deep hydration buat kulit. Produk ini bikin kulit lebih fresh tanpa terasa greasy.

Gisou Honey Infused Face Oil

 

Harga: Rp 400 ribuan

Punya kandungan unik berupa madu Mirsalehi, face oil ini udah memenangkan beragam jenis award, loh! Selain bikin kulit lebih halus dan awet muda, produk ini juga meratakan warna kulit dan mengurangi tampilan kusam. Cocok digunakan sebelum makeup berkat glowing finish-nya.

 

 

The Bath Box Rose Drop Renewal Oil

Harga: Rp 280 ribu

 

Cocok buat pemula yang mau ngurangin tekstur kulit kasar, sekaligus bikin kulit lebih kenyal. Produk ini dilengkapi rose oil, serta antioksidan dari brown algae. Uniknya, face oil yang satu ini digunakan ketika kulit masih agak basah supaya lebih mudah meresap ke kulit.

Herbivore Lapis Blue Tansy Face Oil

Harga: Rp 1,2 juta

Face Oil jagoan buat kulit berminyak! Produk ini mengandung jojoba dan kukui nut oil yang ringan banget, nggak butuh waktu lama buat melapisi kulit tanpa meninggalkan residu. Face oil ini bisa jadi andalan tanpa perlu dilapisi moisturizer lagi, udah hydrating banget!

 

 

Clarins Santal Soothing & Hydrating Face Treatment Oil

Harga: Rp 930 ribu

 

Cocok buat dipakai dengan face roller atau gua sha, face oil ini mengandung sandalwood, cardamom, dan lavender untuk mencegah iritasi dan bikin kulit lebih rileks. Formulanya juga ampuh mengurangi kemerahan dan stress pada kulit. Cocok jadi langkah terakhir dalam night routine kamu.

So, mana face oil yang paling cocok buat kulit kamu nih, Clozetters?