Fashion

An Interview With An Icon: Anggun

by on 01 Jun, 2015

Selebriti memang selalu identik dengan kehidupan yang glamor. Namun kenyataannya, predikat tersebut harus dicapai dengan kerja keras yang tentunya juga melalui proses yang tak mudah. Tidak sedikit pula selebriti yang harus mulai benar-benar meniti karirnya dari nol, sebelum akhirnya mereka dapat menikmati ketenaran bak superstar. Esensi ini lah yang kami dapat dari sosok musisi dan ikon internasional, Anggun. Peran barunya sebagai juri Asia’s Got Talent ini makin menjadikannya role model yang inspiratif. 

Kali ini, kami sangat beruntung, karena mendapat kesempatan langsung untuk mewawancarai Anggun. Satu kata untuk menggambarkan dirinya—Inspiring. Ia benar-benar merupakan seorang perempuan dengan kecantikan dan bakat yang mengagumkan. Kami belajar banyak hal darinya, tidak hannya seputar fashion dan kecantikan, tapi juga pelajaran hidup yang berharga. 

Mari simak penuturannya mulai dari pengalamannya sebagai seorang bintang dan pekerja kreatif, rahasia kecantikan, hingga perjalanan hidup dalam membangun impiannya.

Sebagai salah satu juri dari acara pencari bakat terkenal di Asia, apa saja faktor yang Anda cari dari diri seseorang?
Pertama-tama saya mempertimbangkan bakat yang ada, kemudian potensi mereka dalam mengembangkan bakat tersebut. Salah satu hal yang menarik adalah, Asia’s Got Talent mencakup segala aspek seni- tak terkecuali dunia tarik suara.
Sebagai penyanyi/ pencipta lagu, apa saja tantangan yang harus dihadapi? 
Harus bisa menjadi diri sendiri. Bagaimana pun juga, hanya ada satu sosok Beyoncé, satu Madonna, dan juga hanya satu David Bowie. Jadi, yang perlu dilakukan adalah, keluarkan sisi terbaik dari diri Anda

Anda memulai karier di umur yang sangat muda. Apa momen paling berkesan selama menjalaninya? 

Saya mulai ikut kompetisi dan mengenal dunia pertunjukkan sejak berusia 7 tahun. Kebetulan, ayah saya juga seorang seniman. Beliau selalu membantu saya dalam berlatih, dan mendorong saya untuk mengikuti berbagai kompetisi nyanyi. Dan dari 10 jenis kompetisi yang saya ikuti saat itu, saya berhasil memenangkan 3 – 4 kompetisi di antaranya. Sisanya, saya mendapat peringkat runner-up. Saya rasa, momen yang paling berkesan adalah saat ayah berkata,” Jangan mudah terbuai dengan segala penghargaan yang telah kamu dapatkan ini”. Saya tidak akan pernah melupakan perkataannya, karena saat itu menjadi momentum awal saya mulai mencurahkan diri pada passion dan seni.

Apa tantangan yang Anda temui di awal karier? Apa saja perubahan yang telah terjadi di industri musik sejauh ini, dan bagaimana Anda melihat industri ini bergerak ke depannya? 
Tantangan pertama yang saya hadapi adalah saat saya memulai semuanya di Eropa. Faktanya, saat itu masih sedikit sekali perempuan Asia, atau bahkan orang Asia yang ada di industri musik Eropa. Namun hal itu tidak membuat saya gentar. Saya hanya merasa harus menunjukkan diri semaksimal mungkin. Kemampuan untuk bisa berbicara dan bernyanyi dalam 3 bahasa yang berbeda (bahasa Inggris, Indonesia, dan Perancis), serta pengalaman tinggal di 3 benua yang berbeda menjadikan bekal bagi saya untuk menghadapi tantangan dalam bentuk apa pun.

Apa nasehat yang ingin Anda bagikan pada setiap perempuan? 

Tentukan hobi dan ikuti passion Anda! Masalah yang kita hadapi pada zaman ini semakin kompleks. Dan saran saya untuk setiap perempuan, coba pelajari salah satu instrumen musik, bisa keyboard, gitar, atau bentuk lah sebuah band. Penting bagi kita untuk tetap kreatif. Tak hanya ditujukan untuk menemukan bakat alami, musik juga dapat membantu kita dalam mengasah pikiran.

Apa kesulitan Anda selama menjadi juri Asia’s Got Talent? Dan apa harapan Anda? 
Cukup sulit bagi saya untuk bertindak jujur, namun tetap menjaga perasaan para kontestan. Saya harus berhati-hati dalam memberikan komentar, agar bisa tetap terhubung dengan mereka.

Apa sumber inspirasi Anda? 

Pengalaman hidup, cinta, buku, film, anak perempuan saya, jasmine tea, dan travelling.

Untuk tampilan sehari-hari, apa saja beauty routine Anda? 

Sama halnya seperti perempuan lain. I love shopping! Terkadang, saya suka tampil maksimal, dengan dress, tapi di waktu lain, saya hanya ingin tampil simpel dengan jeans dan busana kasual. Namun, satu hal yang selalu konsisten dari tampilan saya adalah, sepatu. Saya selalu memilih heels, apa pun busana saya. Saya merasa heels bisa membangun sebuah karakter, dan tentunya membuat tubuh tampak lebih tinggi. 
Untuk rambut, saya suka dengan gaya yang sederhana. Saya suka model belah-tengah dan tetap mempertahankan warna hitam rambut saya. Sejauh ini, saya masih suka dengan gaya tatanan ini dan belum berencana untuk mengubahnya. Dan untuk menunjang tampilan yang ringkas, sekaligus melindungi rambut, saya menggunakan Pantene BB Crème. Ini merupakan produk perlindungan rambut dengan 10 manfaat yang dibutuhkan rambut saya. Plus, kemasannya yang ringan membuatnya makin praktis dibawa kemana pun. 
Sementara ritual kecantikan saya meliputi SK-II Facial Treatment Essence dan juga day cream. Dan yang harus selalu ada di dalam makeup case saya adalah, penjepit bulu mata. Selanjutnya, untuk riasan mata, saya mengandalkan, NARS black waterproof volumizing mascara, Chanel black eyeliner, dan Chanel eyebrow pencil no. 30. Kemudian, saya tinggal membubuhkan Elizabeth Arden Eight Hour Cream untuk bibir, dan signature scent favorit saya, ‘Grace by Anggun’. Saya pun siap beraktivitas!

Rambut Anda selalu tampak indah terurai. Apa rahasianya? Dan bagaimana Anda tetap mempertahankan kilau rambut hitam yang Anda miliki? 

Terima kasih! Saya sangat mencintai rambut saya. Setiap perempuan Indonesia memiliki kebiasaan untuk merawat rambut, karena kami menganggap rambut merupakan mahkota kecantikan. Dan jujur saja, saya bukan termasuk perempuan yang suka memanjakan diri dengan perawatan yang mahal. Saat saya menemukan produk yang cocok, maka saya akan setia menggunakan produk itu saja. Sebagai salah satu contoh, saya telah menggunakan Pantene selama 13 tahun, sebagai produk perawatan rambut yang selalu saya andalkan. Pantene terbukti telah memberikan banyak keajaiban pada rambut saya, membuatnya lebih kuat, dan melindunginya dari kerusakan.

Apakah kamu memiliki pengalaman dan rahasia kecantikan yang menarik? Yuk, share melalui kolom komentar di bawah. 
share juga summer look kamu di Beauty Community!

Latest Articles
Kolaborasi Limited Edition untuk Summer yang Penuh Warna
30 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty