Beauty

Bermasalah Dengan Rambut Rontok? PRP Treatment Bisa Menjadi Solusimu

by Ashfia Fuada Ersterina on 16 Nov, 2021
Community Executive

sumber foto: Clozette Ambassador @janejaneveroo

Siapa yang tidak ingin memiliki rambut sehat, kuat, dan tidak mudah rontok? Tentunya hal tersebut menjadi impian setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Sayangnya, kondisi pandemi Covid-19 yang penuh ketidakpastian dan keterbatasan seperti saat ini menjadi faktor utama dari munculnya stres yang memengaruhi kondisi kesehatan, termasuk pada rambut dan kulit kepala.
Saat stres atau cemas, biasanya tubuh akan memberikan respons 'fight or flight’ yang artinya respons tubuh terhadap stres ingin melawan atau melarikan diri. Kondisi tersebut berdampak pada fase pertumbuhan folikel rambut yang kemudian menyebabkan penipisan dan memicu kerontokan rambut. 
Meski rambut rontok merupakan hal normal yang dialami setiap orang, namun kamu juga perlu memperhatikan apakah jumlah rambut yang rontok lebih dari 100 helai setiap harinya? Jika ya, artinya kamu perlu segera mengatasinya dengan cara menerapkan gaya hidup sehat serta melakukan perawatan rambut yang tepat.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, klinik kecantikan terpercaya, ZAP, menghadirkan solusi pengobatan rambut rontok melalui layanan platelet-rich plasma atau dikenal dengan sebutan PRP Treatment. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Stem Cells Translational Medicine, PRP yang dilakukan pada kulit kepala mampu mempercepat pertumbuhan akar rambut sekaligus menebalkan kembali rambut rontok.
Proses PRP dilakukan dengan cara mengambil sedikit darah pasien dan mengaplikasikannya menggunakan alat vital injector. Darah kemudian diolah menjadi plasma darah kaya trombosit yang kandungannya mencapai 5 sampai 10 kali lipat konsentrasi normal. Plasma darah juga mengandung ratusan protein dan growth factor sehingga mampu memberi nutrisi yang dapat merangsang folikel pertumbuhan rambut secara efektif. 
Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan PRP treatment. Menjelang perawatan, pasien diwajibkan mencuci rambut dan menghentikan perawatan kimia rambut apapun sejak 1 minggu sebelumnya. Calon pasien juga perlu menjalani sesi konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui kondisi secara detail. 
Tindakan PRP berlangsung selama 30 menit, dimulai dengan mengambil darah untuk diolah, area yang dirawat dan dibersihkan, dilakukan injeksi, kemudian diaplikasikan aktivator PRP. Pasien baru diperbolehkan mencuci rambut setelah 8 jam usai perawatan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan PRP Treatment setiap 2 sampai 4 minggu sekali secara rutin. 
Saat ini, layanan PRP Hair telah tersedia di seluruh ZAP Clinic, ZAP Premiere, dan MEN/O/LOGY by ZAP mulai dari harga Rp700.000,-. Selain PRP hair, ZAP juga menawarkan layanan perawatan PRP lainnya seperti PRP Face dan PRP Stretch mark. Jika ingin menghetahui informasi lebih lengkap, kamu dapat menghubungi ZAP client care melalui nomor 1500310 / 021-80626350.