Beauty

Clozetter's Chit-Chat: All About Contact Lens

by Cynda Adissa Lianita on 20 Feb, 2017
Content Writer

Bertepatan dengan perayaan Imlek, Clozette Crew dan Freshlook kembali menyelenggarakan "Small Things to Freshen Your Look". Ada yang spesial pada gathering kali ini karena Clozette dan Freshlook akan menyapa para Clozetters Bandung. Acara ini diselenggarakan pada 28 Januari 2017 di Kupu Bistro, lantai 2. Interior yang cozy dengan warna-warna hangat sangat selaras dengan dekorasi bernuansa pastel. 
Pembicara kali ini, Clozette dan Freshlook menghadirkan dua perempuan cantik, yaitu Debby Permata, Mega Melianty, dan Mba Ellyana. Debby merupakan seorang vlogger, selebgram, dan pernah menjadi model video klip salah satu penyanyi pria Indonesia. Sedangkan Mega adalah seorang model hijab sekaligus selebgram dengan jumlah followers 14 ribu. Mba Ellyana adalah Professional Senior Marketing Manager Alcon Indonesia.
Seperti biasa, Community Manager dari Clozette Indonesia, Puitika Pamora memberikan sapaan hangat kepada teman-teman blogger yang telah hadir. Sambil menunggu kedatangan peserta lain, peserta yang sudah hadir dipersilakan untuk memakai contact lens dari Freshlook Colorblends, tersedia dalam  12 warna cantik, yang telah diberikan pada saat registrasi.
Berbicara tentang resolusi, setiap orang pasti memiliki resolusi yang ingin dicapai setiap tahunnya. Seperti Debby dan Mega, mereka memiliki resolusi yang ingin dicapai untuk mengubah diri menjadi lebih baik, salah satunya dalam hal penampilan. Pada kesehariannya Debby lebih sering menggunakan kacamata daripada contact lens. Tahun ini, Debby ingin lebih sering menggunakan contact lens untuk tampil beda, namun ia tetap memprioritaskan kenyamanan saat menggunkan contact lens.
Lain halnya dengan Mega, berprofesi sebagai model membuat Mega diharuskan untuk selalu menggunakan contact lens. Jika biasanya Mega lebih memilih untuk menggunakan contact lens berwarna natural seperti brown atau grey, tahun ini Mega ingin mencoba warna yang lebih bright dan lebih berani. Salah satunya seperti contact lens yang dipakai Mega pada event ini yaitu, warna Brilliant Blue dari Freshlook Colorblends.
Menggunakan contact lens dengan pilihan warna dan motif yang unik memang menjadi tren terutama di kalangan blogger. Contact lens bisa membuat tampilan wajah dan makeup menjadi berbeda. Namun, fenomena ini ternyata menimbulkan kekhawatiran di mata Mba Elly. Begitu banyak contact lens yang di jual dengan harga yang sangat murah.
Mba Elly menghimbau agar para Clozetters, selalu membeli contact lens di optik yang terdaftar. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu tidak pernah tau kualitas dan keamanan contact lens yang kamu beli di tempat yang tidak jelas. Masih banyak anak muda yang mengutamakan harga yang murah atau warna dan motif yang unik daripada kenyamanan dan keamanan mata mereka sendiri.
Freshlook memang memiliki harga yang cukup pricey dan masa pakai yang singkat (hanya 1 bulan). Hal ini dikarenakan Freshlook menjamin kualitas dari produk itu sendiri yang dibuat dari hydrogel yang aman dan nyaman untuk mata. Selain itu, masa pakai yang singkat memang menjadi hal yang wajar. Contact lens dengan masa pakai yang terlalu lama justru akan menjadi tempat yang memicu penumpukan deposit, lemak, dan kotoran yang lama kelamaan bakteri akan tumbuh dan dapat membahayakan kesehatan mata.
Talkshow berlangsung sangat seru bahkan beberapa peserta juga memperlihatkan antusiasme dengan memberikan pertanyaan seputar contact lens. Tiga pertanyaan dari Clozetters yang dijawab oleh Mba Elly, akan Clozette Crew rangkum berikut ini: 
1. Clozetter Hani Hikaru 
"Apakah aman jika menggunakan contact lens setiap hari? Berapa lama sih waktu yang dianjurkan untuk memakai contact lens dalam satu hari?" 
Contact lens dari Freshlook sangat aman dan diperbolehkan untuk digunakan sehari-hari. Namun, perlu diingat bahwa kamu juga harus memerhatikan cairan pembersih yang kamu gunakan. Salah satunya dengan menggunakan OPTI-FREE Replenish dari Alcon. Cairan ini memiliki dual disinfektan yang akan membunuh bakteri yang menempel pada contact lens setelah digunakan seharian. Jangan lupa, untuk selalu mengganti cairan pembersih setiap hari agar bakteri tidak dapat berkembang. Selain itu, waktu pemakaian yang dianjurkan dalam 1 hari hanya selama 14 jam saja.
2. Clozetter Christy Bun
"Saya memiliki minus mata kanan dan kiri yang berbeda. Jika hanya diperbolehkan memilih 1 contact lens, bagaimana menentukan minus yang tepat untuk mata?"
Untuk pemilik minus <4, kamu bisa memilih minus contact lens yang sama dengan kacamata yang kamu gunakan. Untuk pemilik minus >4 harus dikurangi 1/4-1/5 dari minus kacamata. Jika kamu memiliki minus yang berbeda dan bedanya tidak terlalu jauh, kamu bisa memilih contact lens dengan ukuran minus terendah. Jika minus kanan dan kiri memiliki perbedaan lebih dari 0.50, kamu bisa membeli 2 contact lens dengan ukuran berbeda sesuai dengan minus mata kanan dan kiri. .
3. Clozetter Adel
"Saya pernah mendengar bahwa ada 2 bahan yang digunakan sebagai bahan utama contact lens, yaitu silikon hydrogel dan hema. Bahan apa yang paling aman diantara keduanya?"
Silikon hydrogel merupakan bahan lensa kontak terbaru yang yang lebih baik dari hema. Jika berbicara lensa kontak warna, di indonesia saat ini masih menggunakan bahan hema, dan yang terbaik  saat ini adalah freshlook dengan 3-1 teknologi membuat tampilan cantik alami. Untuk perawatannya pilihlah OPTI-FREE yang sudah terbukti aman, karena merupakan MPDS dengan teknologi pelembab TearGlyde sehingga penggunaan lensa kontak nyaman lebih lama.       
Setelah sesi talkshow selesai, para peserta ditantang dalam 2 games, yaitu:
1. Flatlay Challenge (games berkelompok) 
2. Eye Makeup Challenge
Games ini berlangsung seru, terutama untuk Flatlay Challenge. Peserta harus menyertakan box freshlook serta foto polaroid mereka dan disusun hingga menjadi kesatuan yang cantik untuk difoto. Peserta juga boleh menggunakan properti yang sudah disiapkan.
Setelah puas bermain, peserta dipersilakan untuk beristirahat sejenak dan menikmati makan siang dari Kupu Bistro. Sambil makan siang, ClozetteCrew, Debby, Mega, dan Mba Elly juga sibuk memilih pemenang dari eye makeup challenge dan flatlay challenge.
And,,, Congratulations for the winner!
Seru dan menyenangkan bisa bertemu Clozetters yang ada di Bandung. Thank you all and see you next time!