Beauty

How To Organize Your Makeup Collection

by Syafira Dewi Prawita on 15 Oct, 2021
Community Executive

Kalau kamu seorang beauty enthusiast khususnya pecinta makeup, nggak jarang, kan, “teracuni’” setiap ada produk baru hingga nggak sadar lama-kelamaan koleksi makeup dan beauty product lainnya menumpuk di meja rias? Koleksi makeup yang terlalu menumpuk dan akhirnya membuat meja rias berantakan bisa-bisa membuat mood juga ikut berantakan. Yang ada bukannya semangat untuk ber-makeup, justru jadi malas walau hanya untuk sekedar menengok keadaan meja rias. Who’s can relate?
Agar mood ber-makeup-mu muncul kembali, Clozette Crew sudah rangkum beberapa tips untuk mengorganisir produk makeup-mu agar meja rias selalu rapi dan membuat kita happy tiap kali melihatnya.

Take Everything Out and Swatch Everything
Langkah pertama untuk mengorganisir koleksi makeup adalah dengan mengeluarkan seluruh produk makeup yang kamu punya dan mencobanya satu persatu. Swatch semua lipstick, eyeshadow, face palette, yang kamu miliki, lalu kurasi dan pisahkan produk-produk wearable yang kamu suka. Memang terdengar melelahkan, namun dengan melakukan langkah pertama ini kamu dapat memilah produk yang kamu butuhkan dan yang tidak terlalu kamu butuhkan.
Bersihkan Produk yang Dipilih
Setelah memilah semua produk yang mau kamu simpan, jangan lupa untuk membersihkannya satu persatu. Lap semua permukaan packaging makeup yang akan kamu simpan, cuci bersih brush dan sponge-mu, lalu jangan lupa juga membersihkan tempat makeup-mu sebelum kamu menyimpan semua produk-produk pilihanmu di dalamnya. Lakukan kegiatan membersihkan makeup ini dua minggu sekali.
Simpan Produk Dalam Beberapa Kategori
Pisahkan produk-produk yang akan kamu simpan menjadi beberapa kategori sesuai keinginanmu. Kamu dapat memisahkannya berdasarkan jenis produknya, berdasarkan seberapa sering kamu menggunakannya, atau berdasarkan warna. Kalau saya lebih menyukai memisahkan produk berdasarkan tingkat keseringan saya menggunakan produk tersebut.