Fashion

Inspirasi Gaun Pesta Dari Indonesia Fashion Week 2016

by Pradnya Cinantya on 18 Mar, 2016
Clozette Star

Sumber Foto: pradnyacinantya
Di hari terakhir Indonesia Fashion Week 2016, digelar fashion show bertajuk “Cocktail & Evening Wear” yang menampilkan 9 label desainer sekaligus. Sesuai judulnya, seluruh desainer ini memamerkan karya terbaru mereka berupa gaun-gaun untuk pesta formal dan semi formal, bahkan gaun pengantin. 
Pergelaran ini tentu saja memberikan begitu banyak inspirasi, khususnya tentang busana pesta dan gaun malam. Siapa saja kah sembilan desainer tersebut? Dan apa saja inspirasi dari mereka? 
Yuk, simak ulasan berikut ini.

Alice Salindra

Sumber Foto: pradnyacinantya
Gaun pesta dengan detail feminin seperti lace brokat dan ruffles masih akan tetap on trend di tahun ini. Kedua aksen ini memang berkesan klasik, terutama saat diterapkan pada gaun yang terbuat dari bahan taffeta dan tulle.
Siluet gaun yang mengembang seperti ballgown memberikan romantisme dan kemewahan layaknya seorang putri raja bagi pemakainya. Tidak heran kalau gaun-gaun pesta ini menjadi inspirasi bagi banyak desainer yang mengusung gaya feminin.

Exmegallery 

Sumber Foto: pradnyacinantya
Koleksi terbaru dari Exmegallery, menggunakan teknik print pada medium silk dengan warna-warni pastel. Desain print-nya sendiri sangat feminin, sehingga kesan ini semakin kuat dengan pemilihan bahan dan warnanya.

Gee Batik by Sugeng Waskito 

Sumber Foto: pradnyacinantya
Ada yang unik dari koleksi Gee Batik by Sugeng Waskito ini; paduan motif batik dan polkadot dengan warna-warni cerah. Kesan dari koleksi Gee Batik ini sangat berbeda dengan busana batik biasa yang cenderung monokrom. Ditambah lagi dengan penggunaan bahan silk yang ringan dan flowy, membuat batik ini tampil lebih playful.

JIMMY FEIFEI 

Sumber Foto: pradnyacinantya
Teknik lipit atau pleats membuat koleksi karya JIMMY FEIFEI ini terlihat seperti karya seni sculpture. Tekniknya yang rumit membuat gaun-gaun dengan aksen ini terlihat mewah dan unik. Jika kamu suka dengan gaya avant-garde yang berkesan kostum namun dijamin akan menarik perhatian, koleksi ini cocok untuk menjadi inspirasi.

Julietteart 

Sumber Foto: pradnyacinantya
Julietteart mencoba mengeksplorasi kain tradisional lain, yaitu tenun nuansa anoa dari Sulawesi. Kain tenun ini dipadukan dengan bahan yang ringan seperti chiffon dan sutera, untuk mengimbangi bahan tenun yang memang terkenal tebal dan kaku. Gaya ini cocok untuk menjadi inspirasi kamu yang ingin memakai kain tradisional untuk acara semi-formal yang lebih santai.

Miraataya

Sumber Foto: pradnyacinantya
Gaun malam dengan aksen 3 dimensi (3D) selalu punya nilai lebih. Aksen ini dianggap memberi kesan mewah dan sophisticated dibandingkan bahan yang polos, terutama bila aksen 3D yang dipakai berupa aplikasi mutiara, kristal atau yang kini sedang populer, bordir floral 3D. Koleksi dari Miraataya ini contohnya, menggunakan taburan aplikasi bordir bunga dan payet, membuat gaun-gaun karyanya tampil mewah dan feminin.

Mubal Arum

Sumber Foto: pradnyacinantya
Ingin tampil seksi namun tidak ingin memakai gaun yang terlalu mini? Coba inspirasi gaun-gaun dengan train (ekor di bagian belakang gaun yang lebih panjang dari gaun itu sendiri) dari Mubal Arum ini. Melalui koleksi bertajuk “Bidadari Dunia”, 
Mubal Arum menampilkan koleksi yang menggabungkan aplikasi bordir yang asimetris, dengan teknik drappery sekaligus. drappery ia terapkan pada gaun-gaun pendek maupun panjang dengan menambahkan train yang memberikan kesan seksi yang sangat kuat karena dapat menonjolkan keindahan kaki sang pemakai. Koleksi ini semakin sensual dengan kombinasi warna hitam dan merah.

Nasya Collyer

Sumber Foto: pradnyacinantya
Lewat koleksi bertajuk “Love & Culture”, Nasya Collyer memadukan warna pink fuchsia dan hijau pupus dengan sentuhan oriental. Koleksi ini menjadi unik karena gaun-gaun bertema oriental yang bercirikan kerah cheongsam biasanya identik dengan warna-warna kuning emas dan merah. Tapi tidak di tangan Nasya. Kalau kamu pecinta gaun-gaun bergaya oriental, tidak ada salahnya mencoba memasukkan unsur warna baru yang sebelumnya tidak lazim digunakan di model gaun tersebut.

Rico Bije Reybonte

Sumber Foto: pradnyacinantya
Warna-warna pupus atau pucat ternyata bisa menjadi inspirasi untuk gaun pesta yang mewah. Koleksi bertajuk “Hermosa”, karya terbaru dari Rico Bije Reybonte ini menggunakan palet warna hijau, kuning dan merah yang pucat, namun dengan bahan yang mengkilat. Ia juga memilih siluet A-line dan mermaid klasik sehingga koleksinya ini terlihat simple namun tetap menarik.