Beauty

Intip Cara Layering Serum Yang Tepat Menurut Para Expert

by Ashfia Fuada Ersterina on 07 Sep, 2021
Community Executive

sumber foto: @amandarawles

Selain basic skincare seperti facial wash dan toner, masih ada satu produk perawatan kulit yang tak boleh ketinggalan dalam daily routine-mu, yaitu serum. Berbeda dengan skincare lain, serum memiliki konsentrat yang tinggi dan diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit yang lebih spesifik. Seperti di antaranya, hiperpigmentasi yang bisa diatasi dengan kandungan Niacinamide, atau kulit dehidrasi yang dapat menggunakan Hyaluronic acid
Akan tetapi, terkadang penggunaan satu jenis serum saja tak cukup untuk menjadikan kulit lebih glowing, Clozetters. Terutama bagi kamu yang memiliki beberapa masalah kulit yang perlu diatasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah layering serum. Teknik ini akan membantu perawatan kulitmu menjadi lebih maksimal. Meski begitu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mencampur pemakaian serum agar tak menimbulkan reaksi pada kulit.
Guna menjawab rasa penasaran skincare enthusiast mengenai teknik layering serum yang tepat. Wardah melalui acara: Wardah The Serum Expert Talks ingin berbagi ilmu dan belajar bersama tentang kebutuhan skincare bagi para perempuan. Dalam acara ini, Wardah turut mengundang para expert yang ahli dalam bidangnya, seperti Claudia Christin,  dermatology yang telah menyelesaikan studi PhD di Seoul National University, Korea. Dan Ariella Astasia selaku tim Product Innovation dan Development Wardah.

Claudia menjelaskan, ada 3 cara untuk memilih skincare yang tepat, yakni ketahui jenis kulit terlebih dahulu, kemudian kebutuhan kulit, dan terakhir cari solusi yang sesuai. Untuk mengetahui jenis kulitmu, langkah yang bisa dilakukan adalah mencuci wajah dengan sabun, biarkan selama 30 menit, dan perhatikan jumlah minyak yang ada pada kulitmu. Untuk jenis kulit berminyak, kamu bisa memilih skincare yang ringan serta kandungan yang bisa membantu mengontrol minyak seperti Niacinamide, Salicylic Acid, dan Zinc. Sementara, jika kulitmu kering, sebaiknya pilih produk yang creamy dan dilengkapi kandungan yang melembabkan seperti Hyaluronic Acid, -Oil, Glycerin, dan Petrolatum. 
Skincare layering atau mengkombinasikan beberapa bahan utama skincare dapat meningkatkan manfaat skincare ke kulit karena terkadang dibutuhkan beberapa ingredients untuk mendapatkan solusi terbaik terhadap jenis dan kondisi kulit serta menyelesaikan beberapa permasalahan kulit sekaligus. Seperti contohnya melayer Hyaluronic Acid dan Niacinamide. Sebenarnya, semua ingredients skincare dapat di-layer menyesuaikan kulit masing-masing, namun terdapat beberapa warning yang harus diperhatikan, seperti menggabungkan ingredients yang berpotensi mengiritasi kulit. Pengguna skincare harus aware terhadap reaksi negatif kulit seperti kulit terasa panas, gatal, tertarik, kemerahan, dan muncul jerawat.
Sebagai pelopor halal skincare di Indonesia, Wardah terus berinovasi menghadirkan produk perawatan kulit terbaiknya. Salah satu produk andalan Wardah adalah serum wajah yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan kulitmu. Menurut Ariella Astasia selaku tim Product Innovation dan Development Wardah. Seluruh serum dari Wardah mengandung bahan aktif tinggi dan efektif untuk dapat penetrasi lebih dalam ke dalam kulit sehingga bisa menyelesaikan masalah kulit yang lebih targeted. 
Terdiri dari 5 varian serum dengan kandungan dan manfaat berbeda. Berikut serum unggulan Wardah yang bisa menjadi pilihanmu:
Hydra Rose Micro Gel Serum 
Serum wajah yang difokuskan untuk menghidrasi dan menjadikan kulit tampak lebih glowing karena dibekali kandungan Hyaluronic Acid yang mampu memperbaiki skin barrier dan menghidrasi kulit hingga 72 jam. Selain itu, terdapat juga ekstrak Avalanche Rose Oil yang efektif sebagai antioksidan dan memberi efek menenangkan kulit. Serum ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan sensitif sekalipun. 
Renew You Anti Aging Intensive Serum 
Memiliki kulit kencang dan awet muda tentu menjadi impian setiap perempuan. Dalam membantu para perempuan mendapatkan kulit impiannya, Wardah menghadirkan Renew You Anti Aging Intensive Serum yang diklaim ampuh untuk menyamarkan kerutan pada kulit. Diperkaya dengan kandungan 3% Matrixyl Peptide, 2% Apple PhytoStemCell Extract, dan 1% Centella Asiatica Extract, seluruh formula tersebut dapat menstimulasi pembentukan kolagen dan membuat kulit lebih kencang serta elastis.

C-Defense Hi-Grade Vit C Serum
 
Untuk menjawab kebutuhan para perempuan akan produk pencerah wajah, Wardah menghadirkan C-Defense serum. Sesuai namanya, serum ini dilengkapi dengan kandungan 10% Hi-Grade Vitamin C yang efektif dalam mencerahkan, menyamarkan bekas jerawat dan noda hitam. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjumpai kandungan Hyaluronic Acid dan Biosaccharide Gum untuk melembapkan dan menenangkan kulit. 
White Secret Intense Brightening Essence
Sama seperti C-Defense Serum, Wardah White Secret Intense Brightening Essence  juga difokuskan sebagai  advanced brightening yang kaya akan bahan aktif untuk mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit. Serum ini memiliki kandungan 0,8% Actosome Whitenol yang ampuh dalam mencerahkan dan meratakan warna kulit. Ada juga kandungan 1% Silver Vine Extract yang menjadi kunci untuk menyamarkan bekas jerawat serta berkontribusi pada proses pencerahan kulit. 
Lightening Serum Ampoule 
Terbaru,  Wardah juga memperkenalkan Lightening Serum Ampoule yang memiliki kandungan utama 10x Advanced Niacinamide yang bekerja optimal untuk mencerahkan wajah, menyamarkan bekas jerawat, hingga melindungi kulit dari efek buruk blue light yang menyebabkan kulit tampak kusam.Tidak hanya mencerahkan kulit, serum ini juga membantu melembapkan kulitmu. 
Dari kelima serum Wardah, seluruhnya bisa di-layer berdasarkan kebutuhan kulitmu masing-masing. Ariella menyebutkan beberapa layering serum yang menjadi rekomendasi antara lain adalah layering Hydra Rose dengan Lightening untuk menghidrasi dan menenangkan barrier kulit serta White Secret dengan C-defense untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit.