Beauty

Makeup For Oily Skin

by on 01 Oct, 2015

Image Courtesy Verenlee
Meskipun dalam cuaca panas dan terik, setiap perempuan pasti ingin tetap tampil cantik dengan makeup. Faktanya, perempuan dengan kulit wajah yang oily, seringkali kesulitan untuk memakai makeup di cuaca seperti ini. 
Tapi, jangan khawatir, Clozette akan berbagi tips yang mampu menolong kamu dengan jenis kulit wajah berminyak! 
Yuk, simak tips dan trik  berikut ini agar kamu bisa mendapatkan makeup yang bertahan sepanjang hari.

1. Clean and Exfoliate 

Image Courtesy Zahirazahra
Sebelum memakai makeup, ada baiknya jika kamu membersihkan wajah terlebih dahulu. Wajah yang bersih akan membantumu saat mengaplikasikan riasan dan memberi hasil yang halus pada wajah. Ritual scrubbing juga cukup berperan dalam mengatasi masalah kulit berminyak. Kamu dapat membuat scrub sendiri dari campuran garam laut dan bubuk belerang untuk proses exfoliate kulit. Gosok dengan lembut pada wajah untuk mengangkat kulit mati secara mendalam.

2. Moisturize and Mattify Your Skin 

Image Courtesy Utotia
Setelah membersihkan wajah, aplikasikan pelembab dengan benar dan merata. Pelembab dengan SPF yang tinggi akan lebih baik untuk melindungi kulitmu dari sinar matahari. Biarkan beberapa saat agar menyerap di kulit. 
Selanjutnya, gunakan pelembab untuk kulit berminyak. Pelembab ini akan membuat kulit wajahmu lebih matte dan membuat makeup bertahan lebih lama. Oleskan secara merata pada wajah.

3. Prime Your Skin 

Image Courtesy Radenayu
Jangan lupa untuk aplikasikan primer terlebih dahulu pada wajahmu. Primer membantu mendapatkan makeup dengan hasil yang halus dan terlihat flawless, lho. Selain itu, primer juga akan menyamarkan pori-pori besarmu. 

4. Use a Setting Spray 

Image Courtesy shintadelaora
Setelah mengaplikasikan primer, semprotkan setting spray pada wajah agar makeup dapat menempel lebih lama pada wajah. Karena perempuan dengan kulit berminyak tentu saja membuat makeup cenderung mudah luntur.

5. Apply Eye Primer

Image Courtesy urbandecay.com
Langkah terakhir sebelum kulit wajahmu siap menggunakan makeup adalah mengaplikasikan primer mata pada bagian bawah mata. Hal ini akan membantu concealer dan base makeup menempel sempurna pada wajah.

6. BB cream 

Image Courtesy kirei_makeup
Nah, sekarang saatnya mengaplikasikan makeup di wajahmu. Kamu bisa memulainya dengan memakai BB cream, karena BB cream mengandung SPF dan biasanya senada dengan skin tone kulit wajahmu. Selain itu, BB cream lebih mudah dibaurkan, sehingga wajahmu tidak terlihat cakey.

7. Conceal & Cover 

Image Courtesy Lady_dyne
Aplikasikan concelear untuk menutupi bagian gelap terutama pada lingkaran hitam di bagian bawah matamu. Sehingga, wajahmu akan terlihat lebih segar. Then...Set your BB cream! Gunakan kembali setting spray untuk menyatukan BB cream dan concealer sebelum kamu lanjut pada step berikutnya.

8. Apply Your Foundation

Image Courtesy Shintadelaora
Aplikasikan foundation pada seluruh wajah. Jika memungkinkan, kamu dapat mengaplikasikan foundation dengan menggunakan airbrush. Airbrush dapat membuat tampilan wajahmu lebih matte, shiny atau glossy.

9. Define Your Brows

Image Courtesy Ranialda
Gunakan pensil alis untuk membentuk alismu dan gunakan brow gel dalam warna, untuk mempertegas bentuk alis. Jangan lupa, perhatikan bentuk alis agar disesuaikan dengan bentuk wajahmu juga, ya!

10. Eyeshadow Prep

Image Courtesy Jeanmilka

Aplikasikan base eyeshadow pada kelopak mata terlebih dahulu. Base eyeshadow akan membuat warna eyeshadow lebih tajam dan lebih ‘keluar’, selain itu eyeshadow akan bertahan lebih lama.

a. Warna peachy pink akan sangat bagus untuk membawa nuansa summer, lho! Gunakan jarimu untuk mengoleskan warna eyeshadow pada kelopak mata setelah Base eyeshadow mengering.

11. Finish Your Eye Makeup

Image Courtesy angelajess

12. Don’t Forget Your Bronzer! 

Image Courtesy Bebelicious
Hal yang paling penting untuk menciptakan makeup cerah adalah bronzer. Aplikasikan bronzer pada bagian tepi wajah terluar. Kamu juga dapat membubuhkan bronzer pada T-zone dan pipi. Ini akan membuatmu bersinar dan tampil memukau di bawah sinar matahari.

13. Complete Your Look

Image Courtesy Shelvi0320
Langkah terakhir, pulaskan lipstik berwarna nude atau lip gloss, pilih yang kamu sukai. Glossy akan lebih bagus untuk penampilan di siang hari. Makeup summer untuk kulit wajah berminyak ini akan bertahan lebih lama dari biasanya dan wajahmu akan terlihat flawless dan sweatproof.

More From Beauty
Apa sih, Night Suncare? Intip Produk Terbaru Anessa!
04 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty
Latest Articles