Beauty

Oily Skin? Find Your Makeup Tips Here!

by Ashfia Fuada Ersterina on 29 Nov, 2021
Community Executive

Pemilik kulit berminyak, mana suaranya? Yap, sebagai oily skin-fighter, tentunya kamu harus lebih picky dalam memilih produk makeup yang digunakan setiap harinya ya, Clozetters. Sebab, produksi minyak yang terus-menerus keluar dari pori-pori bisa membuat base makeup jadi mudah bergeser bahkan menjadikan kulitmu tampak lebih kusam. 

Untuk menghindari hal tersebut, pemilihan produk makeup yang sesuai dengan tipe kulit berminyak saja tidak cukup. Kamu juga perlu tahu beberapa tips dan trik untuk menjadikan makeup lebih tahan lama. Bagi kamu yang penasaran, berikut "rahasia" makeup yang biasa saya terapkan agar riasan mampu bertahan hingga 8 jam.

Skin Preparation
Sering dianggap sepele, skin preparation atau skin prep faktanya sangat penting dilakukan sebelum mengaplikasikan makeup. Tak hanya bisa menjaga kelembapan kulit di bawah timpaan produk makeup, skin prep juga akan memaksimalkan hasil riasanmu agar lebih flawless dan tentunya tahan lama.  Dalam mempersiapkan wajah sebelum penggunaan makeup, wajib hukumnya bagi saya mengaplikasikan minimal basic skincare yang terdiri dari toner, moisturizer dan sunscreen. Sedikit tips, untuk moisturizer dan sunscreen, pilihlah produk yang memang direkomendasikan untuk oily skin atau bertekstur gel sehingga meminimalisir produksi sebum pada wajah. 
Aplikasikan Primer
Untuk beberapa special occasion yang mengharuskan saya tampil dengan makeup on point seharian. Tentu pengaplikasikan primer menjadi hal yang tak boleh terlewatkan sebelum lanjut ke step berikutnya. Personally, saya lebih menyukai primer dengan tekstur balm, seperti Benefit POREfessional Face Primer yang tengah saya gunakan saat ini. 
Meski harganya terbilang cukup pricey, namun Benefit POREfessional Face Primer terbukti ampuh menangkal minyak berlebih yang ada di wajah saya. Banyak beauty guru yang juga merekomendasikan produk ikonis dengan packaging berwarna hijau toska ini. Psst, kalau kamu ingin cari versi yang lebih affordable, kamu juga bisa mengintip primer dari brand lokal seperti Luxcrime Mattifying Poreless Primer. 
Pilih Produk Dengan Hasil Akhir Matte
Kulit berminyak cenderung menghasilkan kilap di wajah, karena itu sebaiknya kamu memilih produk khususnya base makeup yang diklaim memberi hasil akhir matte dan cocok untuk oily skin. Selain itu, hindari juga penggunaan base makeup seperti foundation secara berlebihan karena hal tersebut justru akan membuat riasanmu tidak bertahan lama. Cukup gunakan produk secara tipis-tipis menggunakan bantuan brush atau beauty blender. Dan jangan lupa kamu harus meng-set riasanmu menggunakan setting powder agar mengurangi tampilan minyak berlebih pada wajah.

Akhiri dengan Setting Spray 
Salah satu “kuncian” saya agar makeup bisa bertahan hingga 8 jam adalah penggunaan setting spray. Ya, untuk mengunci makeup dan membuatnya tahan lama serta tidak mudah luntur, setting spray memang bisa menjadi penyelamat kamu. Kemampuannya dalam menyempurnakan makeup memang tak perlu diragukan lagi. 
Tak hanya bisa diandalkan untuk menjadikan makeup lebih flawless, setting spray juga memiliki keunggulan lain. Mulai dari meminimalisir makeup yang terlihat cakey, membuat eyeshadow lebih pigmented hingga mencegah tampilan highlighter yang powdery. Wah, lengkap sekali ya! Jika kamu tengah mencari rekomendasi setting spray, kamu bisa mengintip produk best seller dari Studio Tropik, Mac Cosmetics, hingga Benefit. 
Selalu Sedia Blotting Paper 
Tips terakhir yang bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan makeup pada kulit berminyak adalah selalu sedia blotting paper. Penggunaan produk yang satu ini memang tidak dapat mengontrol produksi sebum pada kulit, tetapi bertujuan untuk mengangkat minyak berlebih sebelum touch up agar hasilnya lebih menempel dan nggak terlihat cakey.
Itu dia 5 tips makeup yang biasa saya lakukan agar hasilnya lebih bertahan lama di kulit berminyak. Kalau kamu punya tips seputar makeup atau skincare lainnya, jangan lupa untuk share melalui akun Clozette-mu atau menggunakan hashtag Instagram: #Clozetteid.

More From Beauty
Apa sih, Night Suncare? Intip Produk Terbaru Anessa!
04 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty
Latest Articles
Kolaborasi Limited Edition untuk Summer yang Penuh Warna
30 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty