Lifestyle

Parenting Club ID Goes To Makassar

by Cynda Adissa Lianita on 02 Nov, 2017
Community Executive

Setelah berhasil mengedukasi para Mam dan Pap dalam acara #SmartParentingWorkshop di Jakarta, Parenting Club ID kembali menghadirkan #SmartParentingWorkshop di Makassar. Seminar tersebut membahas topik “Kenali Perilaku Anak di Usia Pra Sekolah”. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 16 September 2017 di Barru Room, Novotel Hotel Makassar. Pada #SmartParentingWorkshop menghadirkan ahli-ahli seperti dr. Victor S. Tjandra, Sp.A dan dr. Mei Neni Sitaresmi, Sp.A (K). Kristi Djuarsa perwakilan dari Parenting Club ID. Serta Kak Imin, pendongeng dari Indonesia Ventriloquist. 
#SmartParentingWorkshop di Makassar dibagi menjadi dua ruangan, yaitu Workshop Parenting Room untuk para Mam dan Stimulation Room untuk si Kecil. Keduanya dipisahkan agar para Mam dapat berkonsentrasi menyimak materi-materi penting dari para pembicara. Sedangkan si Kecil dihibur dengan storytelling yang dibawakan Kak Imin dan Kak Fozzy. Mereka juga diberikan berbagai aktivitas stimulasi untuk melatih akal, fisik, dan sosial, seperti bermain lego, mewarnai, dan menempel stiker.
Perilaku Anak Pra Sekolah
Ada beberapa hal penting yang menjadi ilmu baru untuk para Mam di Makassar. Seribu hari pertama kehidupan (mulai dari pembuahan, kandungan, hingga anak berusia 2 tahun) menjadi masa yang paling penting atau periode emas untuk perkembangan otak, kognitif, dan proses belajar si Kecil. Oleh karena itu, para Mam harus memberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang di periode emas tersebut. 
Menurut dr. Victor S. Tjandar, Sp. A, nutrisi terbaik saat masa awal si Kecil lahir ke dunia adalah ASI. Setelah anak berjalan 6 bulan pemberian nutrisi bisa dilakukan dengan MPASI yang mencakup zat gizi makro dan mikro yang dibutuhkan anak. Perkembangan fisiologi otak anak akan berkembang sangat pesat di 2 tahun pertama. Oleh karena itu nutrisi yang baik akan berdampak pada perkembangan prilaku yang baik.
Selain nutrisi yang lengkap dan seimbang, dr. Mei Neni Sitaresmi, Sp.A (K) menuturkan bahwa perilaku anak dapat dikenali dari sinergi kemampuan akal, fisik, dan sosial. 
A. Kemampuan akal, dapat dikenali: 
- si Kecil aktif bertanya 
- belajar memahami perbedaan 
- dapat mengingat lebih dari satu pemikiran atau ide pada suatu waktu yang sama, tapi belum dapat mengekspresikan apa yang dibayangkan otaknya dengan apa yang ada di kenyataan 
- lambat dalam membuat keputusan. 
B. Kecerdasan fisik: 
- si Kecil dapat melakukan kegiatan lempar dan tangkap 
- percaya diri dan yakin tentang kemampuan pegerakan fisik semakin berkembang. 
- eksplorasi pergerakan fisik semakin meningkat, tapi sering salah dari menilai kapasitas pergerakan fisiknya 
C. Kemampuan sosial 
- si Kecil belajar banyak tentang dunia di sekitarnya 
- mulai belajar berteman dan bermain secara berkelompok. 
- membutuhkan rutinitas terlebih dahulu untuk merasa percaya diri. Namun, si Kecil masih membutuhkan bantuan orang lain untuk menentukan sebuah batasan. 
Tidak banyak Mam yang dapat menganalisis kecerdasan si Kecil secara langsung. Oleh karena itu, Parenting Club ID hadir dengan inovasi baru di website www.parentingclub.co.id. Para Mam yang telah terdaftar menjadi member bisa masuk ke website Parenting Club dan mencoba salah satu fitur andalan bernama Smart Strength Finder. Saat mencoba Smart Strenght Finder, Mam akan akan diberikan 40 pertanyaan yang telah disesuaikan dengan usia anak. Berdasarkan pertanyaan tersebut, Mam dapat mengetahui kepintaran apa yang dominan pada si kecil. 
Tidak hanya itu, di website tersebut juga telah disediakan modul untuk menstimulasi kecerdasan yang dimiliki sang anak agar berkembang dengan optimal. Hal ini juga disampaikan oleh Digital Manager Marketing Parenting Club, Kristi Djuarsa.
Workshop Story Telling 
Setelah menghibur dan bermain bersama si Kecil di Stimulation Room, Ka Imin hadir di tengah-tengah para Mam untuk mengajak para Mam menjadi pendongeng untuk si Kecil. Menurut pendongeng Indonesia Ventriloquist ini, dongeng dapat dilakukan dengan mudah dimulai dengan menyesuaikan pemilihan kata dan cerita yang sesuai dengan usia pendengar. Mendongeng juga dapat melibatkan si Kecil secara akal, fisik maupun sosial dengan memainkan suara, ekspresi dan gerak. 
#SmartParentingWorkshop di Makassar berlangsung dengan baik diiringi dengan antusiasme yang besar dari para Mam. Acara pun selesai, Para Mam dipersilakan untuk menjemput si Kecil di Stimulation Room dan si Kecil pun pulang dengan membawa souvenir stimulasi. 
Acara #SmartParentingWorkshop di Makassar juga dihadiri oleh influencer Siti Juwariyah. Ia menuturkan bahwa acara berlangsung sangat seru dan menyenangkan. Si Kecil sangat menikmati waktunya saat berada di Stimulation Room. Para Mam juga banyak mendapatkan ilmu serta pengetahuan baru untuk menangani serta membantu agar si Kecil dapat berkembang secara optimal pada usia pra sekolah. Mam, yuk, kenali kecerdasan si Kecil  melalui website Parenting Club ID di www.parentingclub.co.id sekarang juga!

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Latest Articles
Kolaborasi Limited Edition untuk Summer yang Penuh Warna
30 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty