Lifestyle

Peran Orang Tua Untuk Menstimulasi Kepintaran Si Kecil Agar #PintarnyaBeda

by Cynda Adissa Lianita on 19 Jun, 2017
Content Writer

Setiap individu merupakan sosok yang unik. Sama halnya dengan kepintaran anak yang berbeda satu sama lain. Sebagai orang tua, mendukung tumbuh kembang anak tentu saja memerlukan pengetahuan atau informasi yang akurat seputar dunia anak. Seorang anak dari orang tua yang sama belum tentu memiliki kepintaran yang sama pula. Oleh karena itu Wyeth Nutrition dan Clozette Indonesia mengajak para Clozetters Mam untuk berkumpul dan berbagi informasi serta pengetahuan mengenai stimulasi kepintaran anak agar #PintarnyaBeda.
Acara ini berlangsung pada 24 Mei 2017 di Gastromaquia. Siang itu, interior Gastromaquia yang didominasi dengan warna putih dihias kembali dengan warna-warna gold yang membuatnya terlihat elegan. Pada acara ini turut menghadirkan seorang artis, selebgram, sekaligus seorang ibu dengan dua orang anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang, yaitu Herfiza Novianti. Serta seorang Psikolog, Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd.
Herfiza pun membagikan kisahnya dalam mengasuh Kiya dan Athaya. Mengasuh dua anak dengan rentang umur yang berdekatan menjadi tantangan tersendiri. Ia pun selalu berusaha untuk tidak membatasi ruang bermain anak dengan cara membiarkan anak bereksplorasi sebanyak mungkin. Hal baik dan buruk dari hasil eksplorasi ini lah yang menjadikan pembelajaran untuk Kiya dan Athaya sehingga mereka bisa belajar mengenali lingkungan dari pengalaman. 
Menurut Rosdiana Setyaningrum atau yang akrab disapa Diana, setiap anak memiliki kepintaran yang berbeda. Oleh karena itu, dibutuhkan peran orang tua dengan memberikan stimulasi yang tepat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memberikan stimulasi pada anak, yaitu: usia anak, pemberian stimulasi secara konsisten, disesuaikan dengan kemampuan dan minat anak, dan mengembangkan semua area perkembangan anak seperti akal, fisik dan sosial.
Stimulasi otak dengan pola asuh yang tepat bisa dimulai dengan memberikan cinta dan perhatian pada anak, sarapan dan makanan bergizi, olahraga, cukup tidur, dan creative play. Hal-hal tersebut membantu menunjang kemampuan berpikir anak, berperilaku baik, meningkatkan kemampuan logis, percaya diri, kontrol emosi, dan kreativitas yang lebih baik.
Acara ini berlangsung seru karena para Mam juga antusias berdiskusi dan berbagi tentang pengalaman mereka dalam menangani dan mengenali kepintaran si Kecil. Ternyata hampir semua Mam juga memiliki pengalaman serupa dalam mengurus si kecil. Acara ini tentunya membantu para Mam mendapatkan informasi dan pengetahuan baru untuk memberikan stimulasi untuk Si Kecil agar #PintarnyaBeda. Terima kasih untuk para Mam yang tidak hentinya belajar dan berbagi untuk mendukung perkembangan Si Kecil. See you on the next event!

More From Lifestyle
Unkai Terrace: Sensasi Berada di Lautan Awan
17 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Coba yang Beda: Sauna di Tokyo!
15 Apr, 2024
Lifestyle , Travel
Latest Articles
Kolaborasi Limited Edition untuk Summer yang Penuh Warna
30 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty