Fashion

Sejauh Mata Memandang Hadirkan "Sejauh Rumah Kita", Tempat Berbagi Ilmu Untuk Lebih Ramah Pada Lingkungan

by Amiira Alia on 03 Aug, 2022
Community Executive

(Sumber Foto : dok. Sejauh Mata Memandang)

Sejauh Mata Memandang menggandeng komunitas Yogyakarta untuk belajar bersama lebih ramah pada Lingkungan di "Sejauh Rumah Kita". Melibatkan berbagai komunitas Yogyakarta yang telah menjalani slow living, "Sejauh Rumah Kita" akan menjadi tempat untuk saling berbagi tips dalam merawat bumi. Kegiatan belajar bersama ini rutin diadakan setiap Sabtu pagi dan sore.

Dalam bincang santai bersama Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang, mengungkap cara untuk lebih bertanggung jawab terhadap barang-barang di sekitar kita, salah satunya pakaian, yang sering kali kita tidak pedulikan perawatannya hingga tak terpakai lagi dan berakhir menjadi sampah. Hal ini selaras dengan komitmen Sejauh Mata Memandang yang menerapkan model bisnis sirkular guna meminimalisasi limbah dan polusi dari industri tekstil.

Banyak cara agar pakaian bekas tidak berakhir menjadi sampah. Chitra Subyakto sendiri biasanya memanfaatkan kembali pakaian yang sudah tidak dipakai untuk menjadi kantong belanja, sarung bantal, atau mainan untuk binatang peliharaannya. Pakaian berlubang namun masih layak akan dijahit atau ditambal dengan kain perca untuk menambahkan aksen agar terlihat lebih menarik. Intinya, penting untuk kita selalu berusaha menjaga masa pakai dan daya guna pakaian kita agar lebih panjang dan tetap berputar. Jelas Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang.

Menggambar dan Mewarnai “Sejauh Rumah Gajah” untuk Anak bersama Cikgu Yustina (@justin_Ipuk) dariArt Class Cikgu

(Sumber Foto : dok. Sejauh Mata Memandang)

Sejauh Mata Memandang juga menggandeng Cikgu Yustina dari Art Class Cikgu di sesi pagi untuk belajar menggambar dan mewarnai bersama peserta anak- anak dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli. Cikgu Yustina mengajarkan anak-anak untuk menggambar dan mewarnai dengan tema “Sejauh Rumah Gajah”, yang terinspirasi dari Gajah Sumatera sebagai satwa yang terancam punah dan perlu kita jaga habitatnya karena ia merupakan satwa penyeimbang lingkungan hutan sehingga dapat membantukelangsungan hidup setiap makhluk di bumi.

(Sumber Foto : dok. Sejauh Mata Memandang)

Anak-anak kita adalah generasi penerus yang memiliki peran penting dalam mencegah kepunahan di masa depan. Gentingnya masalah lingkungan hidup harus dimulai pada usia sedini mungkin dan dilakukan dengan cara yang menyenangkan, misalnya menggambar dan mewarnai, agar lebih mudah dipahami oleh anak-anak. Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran anak-anak kita agar lebih peduli untuk melestarikan alam demi masa depan mereka dan makhluk hidup lainnya.

Membuat Sabun Cuci Pakaian Ramah Lingkungan bersama Akuna Indonesia

(Sumber Foto : dok. Sejauh Mata Memandang)

Untuk sesi sore, Akuna Indonesia, sebuah studio etnobotani yang membuat produk perawatan diri berdasarkan tradisi Indonesia, turut serta mengisi kegiatan Belajar Bersama dengan membuat sabun cuci pakaian ramah lingkungan. Para peserta juga mempraktikkan pembuatan sabun cuci pakaian ramah lingkungan yang juga aman untuk berbagai jenis kain karena tidak merusak warna pakaian, tidak meninggalkan residu sehingga aman untuk pakaian bayi, bahkan bisa dipakai sebagai sabun mandi.

Wulan Hardjosoediro dan Dina Hardjosoediro selaku Pendiri Akuna Indonesia, mengajarkan berbagai hal tentang pembuatan sabun, mulai dari proses saponifikasi, mengenali bahan-bahan pembuatan sabun yang aman dan alami serta mampu menghilangkan noda pada pakaian, hingga pengaruh sabun terhadap warna kain dan juga kulit manusia.

Sejauh Rumah Kita” dibuka setiap hari untuk umum mulai tanggal 8 Juli hingga 4 September 2022, dari pukulm 10.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB, berlokasi di Rumah Simbah Studio, NG I / 1301 Jl Kp. Ngadiwinatan, Ngampilan, Yogyakarta 55261.

Sedangkan untuk di bulan Agustus, beberapa komunitas yang akan mengisi kegiatan di Sejauh Rumah Kita, antara lain: Sekolah Pagesangan, Klub Masak Sirja, Vitarlenology, Tegel Kunci, Tactic Plastic dan lain-lain. Untuk pendaftaran kegiatan Belajar Bersama, bisa menghubungi narahubung Kiky di nomor telepon 0813-2549-8659, email kiky@sejauh.com , atau melalui akun Instagram resmi @sejauh_mata_memandang .

Latest Articles
Kolaborasi Limited Edition untuk Summer yang Penuh Warna
30 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty