Fashion

Tahun ke-16 JFW, Desainer & Jenama Lokal Rilis Koleksi Memukau

by Gisella Marshanda on 02 Nov, 2023
Content Intern

Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 resmi diselenggarakan tanggal 23-29 Oktober 2023, menorehkan perjalanan industri fashion Indonesia yang semakin berkembang. Momen ini jadi ajang unjuk koleksi bagi para pegiat industri mode, sekaligus menjadi sarana untuk para fashion enthusiasts menilik tren yang akan dipusatkan di tahun 2024 mendatang.

 

Pagelaran ini dibuka dengan show Alumni Lomba Perancang Mode (LPM), kompetisi tahunan yang sudah diadakan sejak 1979. Selama 44 tahun, ajang ini terus menghasilkan nama-nama baru dengan desain fresh dan memiliki karakternya masing-masing.

Sumber foto : Jakarta Fashion Week

Sorotan terbesar dari panggung gemerlap Jakarta Fashion Week 2023 tidak lain adalah pesona 16 koleksi yang memikat dari tiga brand papan atas Indonesia yaitu, 4 Season Hijab, Napocut, dan Bigissimo. Dalam setiap jahitan dan karya seni yang dihadirkan, para desainer ini tidak hanya sekadar memamerkan fashion mereka akan tetapi juga mempersembahkan cerita-cerita unik, keberanian, dan kreativitas melalui karya-karya mereka. Apa saja sih Clozetters keunikan dari brand-brand tersebut? Yuk kita bahas!

4 Season Hijab terinspirasi dari sifat wanita yang lembut dan tegas ini kemudian dituangkan kedalam cutting-an baju Warna-warna cerah yang menyala dan motif monogram yang memesona menyatu dalam sentuhan desain mereka. 4 season hijab ini menggunakan warna-warna gen Z seperti broken white, nude peach, pastel blue, campuran black dan pastel. Item yang di tampilkan pun sangat menarik perhatian seperti outer, one set, dan lain-lain.

2. Keberanian Napocut

Sumber foto: Jakarta Fashion Week

Clozetters wajib tau nih dengan brand lama yang masih hadir setelah 17 Tahun berdiri. Kini Napocut menghadirkan keberanian melalui warna-warna mencolok dan potongan-potongan yang avant-garde. Koleksi Napocut ini memiliki arti pengungkapan diri yang dituangkan ke dalam setiap proses pembuatan. Dengan teknik embroider dan shilloutte yang membedakan Napocut berbeda dengan yang lain.

3. Sentuhan Kasual Eksklusif Bigissimo

Sumber foto: Jakarta Fashion Week

Brand yang satu ini sangat unik loh Clozetters! dengan tema Manifesto, Bigissimo menampilkan 16 model plus size yang mewakili setiap customer. Untuk koleksinya Bigissimo hadir lebih fresh dan bold yang terlihat casual namun tetap modis dan nyaman. kasual yang nyaman namun tetap modis. Item yang ditampilkan pun sangat menarik seperti long-skirt, outer dengan menghadirkan warna yang serba dark.

Sumber foto: Jakarta Fashion Week

Setiap koleksi yang dipamerkan oleh ketiga brand ini mencerminkan keberagaman fashion Indonesia. Dari yang klasik hingga eksentrik, dari yang feminim hingga maskulin, Jakarta Fashion Week 2023 memberikan ruang bagi semua gaya dan selera. Dalam Jakarta Fashion Week 2023 ini, bukan hanya baju yang dipamerkan, tapi juga semangat inovasi dan eksplorasi dari para desainer. Mereka memperlihatkan bahwa fashion adalah media untuk menyuarakan keberagaman, kreativitas, dan keberanian.