Lifestyle

Tasty Plant-Based "Milk" To Try

by Dilla on 22 Jul, 2022
Sr. Community Executive

Sumber foto: Oatside via Instagram @oatside

Mencari plant-based “milk” yang sesuai kriteria untuk saya itu gampang-gampang susah. Terlebih mencari plant-based “milk” yang enak untuk campuran kopi dan teh. Sampai pernah suatu hari saya memborong semua minuman plant-based yang bisa saya temukan di supermarket, lo. Hahaha.
Mulai dari soy “milk”, almond “milk”, semua saya coba. Bahkan saya juga sampai mengikuti resep homemade oat “milk” dari Instagram.
Untungnya, setelah mencoba beragam jenis merek dan tipe minuman, akhirnya saya menemukan beberapa yang sesuai kriteria:
- Tidak punya bau menyengat
- Enak untuk campuran kopi & teh
- Enak untuk dikonsumsi sendiri
Sumber foto: Oatside via Instagram @oatside
1. Oatside Barista Blend Oat M*lk
My most fave ever untuk saat ini dan untungnya sudah tersedia di supermarket dekat rumah jadi saya semakin cinta dengan produk ini. Apabila kamu pernah mencoba Oatly, menurut saya rasanya mirip dengan Oatside, namun pastinya dengan harga yang lebih terjangkau. Dibandrol dengan harga sekitar Rp50.000 untuk 1 liter, produk ini awalnya saya kira merupakan produk asal Jepang, namun ternyata asli Indonesia, lo.
Selain tidak mempunyai bau yang menyengat, rasanya juga creamy dan enak untuk dibuat campuran kopi, teh, ataupun diminum langsung. Belakangan beberapa coffee shop saya lihat juga mulai beralih dari Oatly ke Oatside untuk campuran menu minuman plant-based.
Kekurangan Oatside mungkin masih ada di kemasan, saya sangat berharap suatu saat Oatside mengeluarkan ukuran yang lebih kecil, jadi lebih pas untuk ukuran konsumsi satu orang.

@vsoyworldindonesia

2. V-Soy Multi Grain
Pertama-tama saya ingin mengapresiasi V-Soy karena menyediakan kemasan dengan botol kaca yang lebih ramah lingkungan. Selain itu produk ini juga sangat mudah ditemukan di minimarket terdekat, lo. Saya baca di media sosial, V-Soy Multi Grain sempat viral di TikTok dan sold out di beberapa tempat. Semoga sekarang stoknya sudah kembali normal, ya. V-Soy Multi Grain mempunyai tekstur creamy, dengan rasa manis yang pas. Tidak heran, sangat enak diminum sebagai sarapan ringan karena teksturnya yang kental cukup membuat kenyang. Saat bulan Ramadan, saya juga biasa minum V-Soy Multi Grain sebagai camilan saat sahur karena kandungan seratnya yang tinggi. Produk ini juga cocok untuk campuran smoothies, walaupun untuk campuran kopi dan teh menurut saya masih kurang enak dibandingkan Oatside.
3. Homemade Oat Drink
Saya tau pasti sebagian Clozetters ingin bilang, “aduh pasti rumit pembuataannya”. homemade oat “milk” selain lebih sehat, juga sangat mudah dibuat, lo karena tanpa pemanis tambahan. Kira-kira prosesnya mirip-mirip seperti membuat jus jambu. Hanya perlu campur rolled oats, air, dan sedikit garam dengan blender. Setelah di-blend beberapa detik, saring dengan kain/jaring dan voila, fresh oat “milk” langsung bisa Clozetters nikmati! Untuk resep lengkapnya Clozetters bisa cek di postingan Sustaination berikut ini.
Semoga ketiga plant-based “milk” kali ini bisa membantu Clozetters, ya. Selamat mencoba!