Beauty

Tutorial Makeup Natural Untuk Wanita Berhijab

by Viena Rissanty on 03 Nov, 2017
Community Executive

Sumber foto: Clozette Ambassador HaniHikaru 
Makeup natural kian digemari di Indonesia. Tanpa mengubah penampilan wajah, makeup natural memberi kesan segar dan lembut pada pemakainya. Kali ini, Clozette Crew akan memberikan tutorial makeup natural untuk kulit sawo matang, yang merupakan kulit identik Indonesia, dengan produk lokal, Wardah. 
Tentunya produk Wardah bisa kamu dapatkan dengan mudah dan harganya sangat terjangkau. Ingin tahu cara mendapatkan makeup natural dengan menggunakan produk favorit dari Wardah? Yuk, simak artikel berikut ini.
1. Wardah C-defense Serum 
Sumber foto: Star Clozetter Lady_dyne
Sebelum mengaplikasikan makeup, kulit harus diberi perawatan terlebih dahulu. Tujuannya, agar kulit mempersiapkan diri dan makeup akan lebih mudah menyatu dan menempel di kulit. Kamu dapat menggunakan Wardah C-defense serum. Serum ini berfungsi menangkal radikal bebas, menjaga elastisitas kulit dan juga mencerahkan kulit. 
Cara penggunaan: Aplikasikan serum secara merata ke seluruh wajah. Diamkan beberapa saat agar serum dapat meresap dengan sempurna di kulit.
2. Face Mist 
Sumber foto: Star Clozetter Lady_dyne 
C-defense Face Mist merupakan salah satu produk multifungsi dari Wardah. Face mist ini dapat digunakan sebelum dan sesudah makeup. Kamu juga dapat menggunakannya sendiri tanpa makeup, sebagai skincare.
Selain itu, face mist juga berguna untuk melembapkan kulit sehingga dapat menggantikan moisturizer. Meski melembapkan, face mist ini dapat mengecilkan pori-pori, jadi tidak akan membuat wajahmu berminyak.
Fungsi lain dari face mist, kamu juga bisa menggunakannya sebagai setting spray. Biasanya setting spray dipakai agar makeup dapat bertahan lebih lama. Tips menggunakan setting spray: semprotkan face mist dengan jarang sekitar 30cm dari permukaan kulit. Aplikasikan hingga face mist tersebar secara merata di permukaan kulit wajah.
3. DD Cream 
Sumber foto: Star Clozetter 2thousandthings 
Untuk menciptakan makeup yang natural, DD Cream menjadi pilihan yang tepat. DD cream sendiri adalah gabungan dari foundation dan sunscreen. Teksturnya lebih ringan sehingga terasa lebih nyaman untuk dipakai seharian.
Kelebihan C-defense DD Cream ini mudah di-blend dan dapat menyatu dengan warna kulit. Jadi, untuk kamu yang memiliki kulit sawo matang, tidak usah panik jika DD cream ini terlalu terang saat pertama kali dipakai, DD Cream ini akan segera menyesuaikan dengan warna kulit mu.
4. Powder 
Sumber foto: Clozetter IndiraWulandari 
DD Cream memiliki tekstur cream dan mudah bergeser terutama untuk pemilik kulit kombinasi dan berminyak. Agar DD Cream dapat menempel sempurna dan bertahan lama, set DD Cream dengan menggunakan bedak. Ada 2 pilihan bedak yang dapat kamu gunakan, yaitu loose powder dan two way cake. Jika kamu termasuk orang yang praktis, kamu dapat pilih bedak two way cake atau dengan nama lain compact powder.
Bedak two way cake dapat memberikan extra coverage bagi kamu yang menginginkannya. Caranya mudah, gunakan spons dengan gerakan menepuk-nepuk wajah, dalam dunia makeup bisa dibilang dengan “tap-tap” wajah.
Jika menginginkan hasil yang lebih natural, kamu dapat menggunakan powder brush untuk mengaplikasikan bedak. Fokus kan di area tengah wajah atau daerah T-Zone yang lebih berminyak dari area wajah lainnya.
5. Eyeshadow 
Sumber foto: Clozetter tifanydheanisa 
Untuk pemilihan eyeshadow, kamu dapat memilih warna natural seperti coklat, abu-abu, dan champagne. Wardah memiliki palette dengan 3 warna tersebut yaitu, Wardah EyeXpert Classic.
Untuk pemakaian yang praktis kamu dapat menggunakan 1 warna untuk lid atau kelopak mata. Jika menginginkan mata yang lebih hidup atau berdimensi, kamu dapat menggunakan 2 sampai 3 warna.
Sumber foto: Clozetter MOMONIND 
Pertama, ambil warna yang kamu inginkan atau warna-warna natural untuk bagian lid dengan brush. Setelah itu, kamu dapat tambahkan warna gelap untuk bagian luar mata berbentuk “V”, agar lebih berdimensi. Ambil warna lid untuk bagian bawah mata, langkah ini adalah pilihan, kamu bisa melewatkan langkah ini untuk terlihat lebih natural.
6. Eyeliner 
Sumber foto: Clozetter cyanophytaa 
Setelah menggunakan eyeshadow, untuk mempertegas tampilan mata gunakan eyeliner. Terdapat beberapa pilihan eyeliner yaitu, pen, pencil, dan gel. Pemilihan jenis eyeliner tergantung dari kenyamanan kamu sendiri.
Sumber foto: Clozetter Liamelqha 
Cara pakainya cukup mudah, kamu hanya perlu membentuk garis lurus mengikuti bentuk mata. Sedangkan untuk tampilan mata yang lebih dramatik kamu dapat menggambar cat eye atau wing liner. Jika kamu tidak ingin memakai eyeshadow, kamu dapat menggunakan eyeliner saja untuk mata yang lebih tajam.
8. Bulu Mata / Maskara 
Sumber foto: allseebee 
Untuk mendapatkan makeup natural, bulu mata menjadi pilihan tersendiri. Kamu dapat menggunakan bulu mata palsu dengan model “natural”. Jika tidak ingin menggunakan bulu mata palsu, kamu dapat langsung memakai maskara.
9. Blush On 
Sumber foto: sunsetdazesha 
Blush On menjadi salah satu hal terpenting dalam makeup, jadi jangan sampai salah pilih warna ya. Untuk kulit sawo matang, kamu dapat memilih warna peach atau orange agar terlihat natural dan segar.
10. Lipstick 
Sumber foto: kikicasmita 
Wardah memiliki banyak tipe lipstik yaitu, Matte Lipstick, Intense Matte Lipstick, Long Lasting Lipstick, Lip cream, dan Lip Palette. Tetunya dengan warna yang sangat beragam, mulai dari natural sampai dengan bold.
Banyaknya pilihan lipstik Wardah, dapat disesuaikan dengan kondisi kulit bibir dan juga penampilanmu. Tips untuk mencapai makeup natural, kamu dapat memilih warna lipstik yang sesuai dengan warna blush on.