Fashion

Vibrant & Eclectic, Intip Inspirasi Berkain Ala Rania Yamin

by Annisa Muthia on 15 Aug, 2022
Sr. Community Executive

Sumber foto: Instagram @raniaayamin

Beberapa tahun belakangan, penggunaan kain tradisional untuk kegiatan sehari-hari semakin marak dilakukan. Tak hanya dikenakan dalam kesempatan formal, kain tradisional ternyata cukup nyaman untuk mengakomodasi keseharian yang lebih kasual, seperti hang out bersama teman, berbelanja, hingga liburan.

 

Popularitas mengenakan kain (berkain) dalam beragam aktivitas ini tak lepas dari sosok-sosok yang cukup berpengaruh di media sosial. Salah satunya ialah Rania Yamin, cicit Pahlawan Nasional Mohammad Yamin, yang juga merupakan anggota keluarga Pura Mangkunegaran, Surakarta. Perempuan yang selalu menggunakan Bahasa Indonesia di media sosial ini menarik perhatian berkat kemampuannya memadukan busana, khususnya kebaya dengan kain, untuk menghasilkan tampilan yang jauh dari kesan kaku dan formal. Pilihan warna vibrant dan motif eye-catching menjadi ciri khas berkain ala Rania. Tak jarang ia memadankan kebaya dan kain tradisional dengan tas dan aksesori vintage, namun menampilkan final look yang modern. Unik, bukan? Yuk, simak 5 di antaranya yang bisa Clozetters jadikan inspirasi berkain sehari-hari!

 

Tampil Segar dengan Kebaya Bordir Sebagai Luaran

Jika Clozetters ingin tampil nyaman dengan kebaya, pemilihan bahan dan cutting kebaya yang pas tentu jadi pertimbangan utama. Kamu bisa memilih kebaya dengan kain tipis dan kerah berbentuk V seperti yang digunakan oleh Rania di atas. Pilihan warna dan bordir yang manis juga memberikan kesan segar untuk keseluruhan penampilanmu. Jangan lupa memadukan kebaya dengan kain batik, lalu gunakan inner berupa tank top berwarna netral untuk bepergian di hari yang cerah.

Kombinasi Kebaya Kutubaru dan Batik dengan Belt Sebagai Aksen

Ingin tampil lebih memukau untuk dinner date di akhir pelan? Kebaya kutubaru dengan motif bunga besar dan kain batik yang dililit untuk memberi efek flowy di bagian depan bisa jadi pilihan. Jika bosan dengan obi berbahan kain, kamu bisa menggantinya dengan chain belt seperti yang digunakan Rania dalam foto di atas. Kamu juga bisa tambahkan giwang atau subeng berwarna senada untuk mempermanis penampilan.

Nyaman dengan Bustier Sebagai Statement Piece

Sebagai perempuan Indonesia, penggunaan bustier dalam berkain dan berkebaya tentu sudah tak asing lagi. Akan tetapi, item yang satu ini erat dikaitkan dengan tampilan formal dan dipadankan dengan kebaya yang ketat, sehingga imej bustier identik dengan rasa ‘mengekang’ yang kurang nyaman. Melalui penampilannya pada foto di atas, Rania seakan mengubah bustier menjadi item yang bisa digunakan selagi bersantai. Cukup padu padan bustier dengan luaran panjang berpotongan loose, kain batik lilit, dan tambahkan handbag favoritmu sebagai aksesori. Voila, you’re all set!

Tampil Santai dengan Kemeja Oversize dan Kain

Nah, dua item utama ini sudah pasti ada di lemari kamu: kemeja oversize dan kain batik. Padu padan keduanya menghasilkan tampilan laid back nan effortless untuk sekadar ngopi atau jalan-jalan bersama keluarga. Agar lebih santai, tambahkan slip on sandals dan sling bag andalan untuk melengkapi penampilanmu.

Padu Padan Bralette dan Kebaya Untuk Liburan Musim Panas

Tampil santai dengan bralette dan outerwear untuk liburan musim panas tentu sudah biasa. Namun, bagaimana jika mengganti outerwear-mu dengan kebaya tipis seperti gaya Rania di atas? Look-mu akan terkesan berbeda. Jangan lupa kenakan kain lilit dan bralette berwarna senada agar penampilanmu semakin ceria!

 

Nah, itu dia 5 style berkain ala Rania Yamin yang bisa Clozetters tiru. Inspiring sekali, bukan? Siapa sangka, kebaya dan kain yang terkesan ‘jadul’ dan kaku bisa menjadi fashion item yang unik dan versatile. Jangan lupa share outfit berkain-mu di Fashion Community Clozette Indonesia, ya. Selamat mencoba!

Latest Articles
Kolaborasi Limited Edition untuk Summer yang Penuh Warna
30 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty