Beauty

Easy Tips For Healthy Hair During Ramadhan

by Cynda Adissa Lianita on 21 Jun, 2017
Content Writer

Untuk para muslim, berpuasa menjadi sebuah kewajiban yang harus dijalani selama bulan Ramadhan. Saat berpuasa, asupan air dan nutrisi pun menjadi berkurang dari biasanya. Mungkin kamu sudah melakukan upaya untuk perawatan kulit selama berpuasa. Namun, jangan sampai rambutmu luput dari perhatian.
Biasanya rambut menjadi permasalahan bagi kaum perempuan, terlebih lagi para pengguna hijab. Rambut akan lebih mudah rontok, kusam dan kulit kepala berminyak karena nutrisi yang tidak seimbang. Agar kondisi rambutmu tidak semakin parah, berikut beberapa tips 1001 Inspirasi Ramadhan yang bisa kamu coba untuk mendapatkan rambut sehat, kuat, dan berkilau.
1. Keramas Secara Rutin 
Sumber foto: Sunsilk
Menggunakan hijab bukan berarti kulit kepala dan rambutmu tetap bersih karena berada dalam kondisi tertutup. Hijab justru menghalangi menghalangi srikulasi/pertukaran udara pada kepala, terutama jika kamu menggunakan hijab berlapis. Kepala pun menjadi lembap dan dapat memicu timbulnya bakteri dan jamur pada kulit kepala.   
     
Atasi dengan rutin mencuci rambut minimal dua kali sehari. Kamu juga bisa menggunakan sampo khusus untuk pengguna hijab, yaitu Sunsilk Hijab Refresh Shampoo. Hindari menggunakan hijab saat rambut masih dalam kondisi basah. Selain itu, tidak ada salahnya rutin mengganti hijab dan dalaman hijab setiap hari agar rambutmu tetap bersih dan terawat.
2. Gunakan Masker Rambut Alami
Istirahatkan rambut dari bahan-bahan kimia. Kamu bisa membuat masker rambut alami dari buah-buahan atau tanaman yang ada di sekitarmu. Salah satunya, masker lidah buaya yang dapat mengatasi permasalahan rambut rontok. Caranya: ambil beberapa daun lidah buaya. Kupas kulit lidah buaya dan ambil daging lidah buaya yang berbentuk gel. Oleskan pada kulit kepala dan batang rambut secara merata. Diamkan selama 30 menit dan bilas hingga bersih.
3. Aplikasikan Teknik Menyisir yang Benar 
Menyisir rambut menjadi rutinitas yang dilakukan setiap hari agar rambut tetap rapi dan tidak kusut. Tanpa kamu sadari bisa saja cara kamu menyisir rambut selama ini ternyata salah dan dapat memicu terjadinya kerontokan. Cara menyisir yang benar, yaitu lakukan gerakan menyisir dari bagian bawah rambut terlebih dahulu dan dilanjutkan pada bagian atas rambut. Selain itu, gunakan sisir berbahan kayu untuk menghindari hantaran listrik statis yang biasanya dihasilkan bila menggunakan sisir berbahan dasar plastik.
Sumber foto: Star Clozetter Celle
 4. Beri Kesempatan Bernapas untuk Rambutmu
Jika tidak ada kegiatan dan kamu hanya berada di rumah, sebaiknya kurangi waktu menggunakan hijab. Hal ini memberikan kesempatan rambut dan kulit kepalamu untuk bernapas. Sirkulasi udara yang tidak lancar dapat memicu ketombe dan rambut rontok. Atasi dengan produk sampo khusus ketombe dan rambut rontok dari Lifebuoy, yaitu Lifebuoy Anti-Dandruff dan Lifebuoy Anti Hair Fall.
 
5. Konsumsi Makanan Sehat
Sumber foto: Clozette Ambassador Diarykania
Mulailah mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan protein, zat besi, dan asam lemak omega-3. Zat-zat tersebut bisa kamu dapatkan dari buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, dan ikan). Selain mendapatkan nutrisi dari luar, rambutmu tetap harus mendapatkan nutrisi dari dalam. Jika dikonsumsi secara teratur rambut pun akan mengkilap, kerontokan berkurang, dan sehat. 
Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dengan mudah agar rambut tetap sehat dan berkilau. Yuk, jaga selalu kesehatan rambutmu, Clozetters.

Latest Articles
Kolaborasi Limited Edition untuk Summer yang Penuh Warna
30 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty