Lifestyle

Let’s Break The Taboo With Nona #RevolusiMenstruasi, Are You In?

by Annisa Muthia on 10 Aug, 2022
Sr. Community Executive

Sejak kecil, kita kerap ditanamkan stigma bahwa menstruasi itu ‘kotor’ dan tak bisa dibahas secara bebas di publik. Alih-alih mengucapkan menstruasi secara gamblang, banyak perempuan yang memilih kata lain seperti ‘dapet’ atau ‘datang bulan’ karena malu menyebutkannya. Sampai hari ini, stigma menstruasi yang dianggap kotor membuat sebagian besar perempuan mencuci pembalut sebelum dibuang karena perasaan takut. Tak hanya itu, para remaja yang masih bersekolah juga enggan mengganti pembalut karena rasa malu dan beragam kekhawatiran lainnya. Padahal, pembalut idealnya diganti 4-6 jam sekali untuk mencegah munculnya bakteri dan jamur penyebab infeksi dan iritasi.

 

Berangkat dari tabu dan stigma yang beredar mengenai menstruasi, Nona yang merupaan platform kesehatan perempuan menghadirkan kampanye #RevolusiMenstruasi. Kampanye ini hadir untuk mendobrak stigma yang ada, serta memberikan pengalaman menstruasi yang lebih menyenangkan. Nicole Jizhar, Co-Founder Nona, mengemukakan, “Dampak dari stigma negatif dan tabu menurut kami sudah mempengaruhi kualitas hidup perempuan Indonesia. Terlebih, kami merasa hal ini dapat mengarah ke ketidaksetaraan gender di tengah masyarakat. Kini sudah waktunya untuk angkat bicara dan tidak berdiam diri atau merasa malu dengan menstruasi. Nona ingin mengajak seluruh perempuan Indonesia untuk memulai revolusi menstruasi. Kami berharap dengan lebih lantang berbicara mengenai menstruasi, kami bisa mengedukasi lebih banyak perempuan dan bahkan pria di tanah air. Dengan begitu, kita sama-sama dapat menghilangkan stigma negatif dan menciptakan pandangan baru bahwa menstruasi adalah proses yang normal dan patut dirayakan.”

Bersamaan dengan #RevolusiMenstruasi, Nona juga menghadirkan Nona Organic Pads, pembalut organik lokal dengan bahan dasar natural, vegan, dan cruelty free. Menggunakan kapas organik dari USA, lapisan pembalut yang ultra lembut hadir untuk memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Tak hanya itu, pembalut terobosan Nona ini juga bebas dari bahan kimia berbahaya dan pewarna sintetis. Meskipun amat tipis, pembalut ini dilengkapi teknologi anti bocor seperti pori-pori berdaya serap tinggi dan sayap pelindung agar pembalut tak mudah bergeser.

Nona Organic Pads tersedia dalam 4 lini produk, yakni:

1. Nona Pantyliners dibanderol dengan harga Rp33.000,-

2. Regular Pads (24,5 cm) seharga Rp42.700,-,

3. Long Pads (28,5 cm) seharga Rp45.300,-,

4. Overnight Pads (33,0 cm) dengan harga Rp44.200,-.

Selain 4 produk di atas, Nona juga menghadirkan Nona Intimate Wash, pembersih area kewanitaan anti bakteri yang natural dan aman untuk kulit sensitif, dibanderol seharga Rp 94.400,-. Seluruh produk Nona di atas bisa Clozetters peroleh melalui situs resmi Nona, aplikasi Nona Woman, serta e-commerce Tokopedia dan Shopee.

Dalam setiap pembelian produk Nona Organic Pads, Clozetters juga turut berkontribusi melawan period poverty. Hal ini diwujudkan Nona dalam bentuk edukasi gratis melalui saluran digital seperti podcast Nona Chats, aplikasi Nona Woman, dan artikel di situs web. Tak hanya itu, edukasi mengenai menstruasi juga dilakukan Nona melalui Lokakarya Pendidikan (workshop) untuk universitas, serta edukasi dan donasi reusable menstrual pads untuk teman-teman yang kurang beruntung di pedesaan Papua. Clozetters juga bisa mengakses informasi dan edukasi terkait perempuan melalui Instagram @nonawoman.

 

“Terciptanya Nona adalah untuk mendobrak tabu yang begitu menonjol di Indonesia. Banyak produk perawatan menstruasi sulit dibeli oleh perempuan Indonesia. Bagi kami, period care and education should not be a luxury. Ini adalah hak dasar kemanusiaan bagi semua perempuan. Misi Nona yang terutama adalah untuk mengatasi period poverty di Indonesia. Cara kami adalah dengan menyediakan produk perawatan menstruasi yang organik, aman, dan lebih terjangkau. Selain itu, kami ingin mengedukasi dan meningkatkan pengetahuan perempuan Indonesia mengenai menstruasi. Sehingga, mereka dapat memiliki pengalaman menstruasi yang lebih sehat dan nyaman,” tutur Monica Pranatajaya, Co-Founder Nona.

Latest Articles
Kolaborasi Limited Edition untuk Summer yang Penuh Warna
30 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty