Lifestyle

Perkaya Kosa Kata Si Kecil Dengan Dongeng Bersama Nestlé DANCOW

by Viena Rissanty on 20 Sep, 2021
Community Executive

Sumber foto: @dancow
Saat saya masih duduk dibangku sekolah kalimat “buku adalah guru” sering kali diutarakan. Banyak sekali jenis buku yang bisa kamu temukan sesuai dengan kebutuhan untuk mendapatkan ilmu dan mengasah imajinasi. Salah satu kegiatan bersama buku yang sangat digemari oleh anak-anak adalah mendongeng.
Banyak sekali manfaat untuk si kecil jika orang tua mendongeng, diantaranya dapat membantu anak memperkaya kosa kata, meningkatkan rasa percaya diri, dan membantu mempelajari bahan bacaan yang lebih sulit. Seperti yang telah diketahui, bahwa Indonesia memiliki berbagai dongeng menarik yang memperkenalkan budaya dan nilai-nilai kehidupan. Studi menunjukkan adanya korelasi mendongeng dengan pembentukan nilai moral dan karakter.
Lydia Sahertian selaku Brand Manager DANCOW Nutritods menjelaskan bahwa stimulasi sejak dini sangatlah penting. Kegiatan mendongeng untuk anak memberikan manfaat positif bagi kemampuan kogntif, Bahasa, emosional, dan perilaku sosial. Berkomitmen mendukung orang tua, Nestlé DANCOW hadirkan kembali Dongeng Aku dan Kau dengan tema “Indonesia Mendongeng”. Mengangkat 15 dongeng asli Indonesia yang kaya dengan nilai nilai budaya Indonesia.
"Mendongeng adalah kegiatan stimulasi tepat dan asik untuk optimalkan seluruh dimensi tumbuh kembang Si Buah Hati. Membacakan dongeng rakyat Indonesia juga akan membantu Si Buah Hati mengenal dan mengapresiasi budaya kita, ia akan belajar tentang nilai-nilai moral serta karakter positif seperti keberanian, kasih sayang, dan kepedulian. Mendongeng jadi momen menyenangkan bersama Bunda Ayah yang akan ia kenang sampai usia dewasanya nanti.", tutur Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog Klinis.
Kegiatan ini pun mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Dr. Muhammad Hasbi, Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek RI. Program DANCOW sejalan dengan visi-misi Kemendikbudristek, khususnya Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang memiliki cita-cita setiap anak Indonesia berkesempatan untuk mendengarkan dongeng.
DANCOW pun menjelaskan, bahwa kemampuan anak untuk berimajinasi dan memecahkan masalah umumnya muncul pada usia 18-24 bulan (Colson et al., 1997). Memasuki masa Toddler dan Prasekolah (3-6 tahun), kemampuan kognitif, bahasa, emosional dan perilaku sosial anak mengalami perkembangan pesat serta menjadi fondasi perkembangan kognitif (Rosales et al., 2009).
Penasaran cara mendapatkan buku dongeng DANCOW Dongeng Aku dan Kau secara gratis? Kamu dapat langsung membeli Nestlé DANCOW 1+/3+/5+ Nutritods ukuran 800 gr atau 1 kg semua varian (bertanda khusus). Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa mengunjungi website DANCOW, www.dancow.co.id/dpc/dongengakudankau. Pssst, Si Kecil bisa mengikuti berbagai kegiatan Indonesia mendongeng keseruan secara digital diantaranya mewarnai karakter via website.

Latest Articles
Kolaborasi Limited Edition untuk Summer yang Penuh Warna
30 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty