Lifestyle

Tabungan Emas: Cara Aman Penuhi Dana Daruratmu!

by Annisa Muthia on 23 Dec, 2021
Community Executive

Sumber foto: Clozette Ambassador Diarykania

Seiring bertambahnya usia, kebutuhan sehari-hari juga terus meningkat. Dibutuhkan kecermatan ekstra dalam mengatur keuangan. Terutama di masa pandemi seperti saat ini, di mana situasi terus berubah dan serba tak pasti. Tak hanya perlu menabung untuk menggapai apa yang diinginkan, menyisihkan uang untuk dana darurat juga menjadi keharusan bagi setiap individu. Psstt.. Clozette menghadirkan giveaway yang bisa menambah sumber dana daruratmu. Satu orang Clozetter yang beruntung akan mendapatkan logam mulia senilai 0,5 gram! Apakah kamu orangnya? Baca artikel ini hingga selesai, ya, Clozetters!

 

Yuk, kita bahas dulu, sebenarnya apa itu dana darurat? Sebagian dari kamu tentu sudah familiar akan istilah ini. Sesuai dengan namanya, dana darurat ialah dana yang perlu kamu siapkan untuk keadaan darurat, baik itu kecelakaan, tertimpa musibah, pemutusan hubungan kerja (PHK) secara mendadak, atau bahkan situasi urgent lainnya yang tak bisa dihindari. Pada sebagian orang, situasi darurat ini dapat membawa ke keadaan keuangan yang jauh dari kata aman. Oleh karena itu, kebutuhan untuk menyimpan dana darurat perlu dilakukan sedini mungkin agar kamu tetap siap menghadapi beragam hal secara finansial.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menyiasati kebutuhan akan dana darurat ialah dengan menabung emas. Ketika kamu memiliki emas, kamu dapat menggadai atau menjual kembali kapan pun kamu membutuhkan biaya. Emas juga kerap disebut sebagai komoditas krisis, sehingga ketika terjadi ketegangan dunia, nilai emas cenderung stabil dan terus diapresiasi dari waktu ke waktu.

Sumber foto: Clozette Ambassador Carolinelle

Jika zaman dulu emas identik dengan kepemilikan fisik dan membutuhkan tempat penyimpanan yang aman di rumah, kini kamu tak perlu khawatir karena ada cara praktis menabung emas secara digital. Pegadaian, sebagai instansi BUMN terpercaya yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menyediakan Tabungan Emas yang bisa kamu akses dengan mudah. Pegadaian Tabungan Emas tersedia di seluruh outlet Pegadaian, Pegadaian Digital Service, Agen Pegadaian, dan juga Marketplace. Kamu bisa melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram dan menjual kembali emas ketika tabunganmu mencapai 1 gram. Kamu juga bisa mencetak emas menjadi kepingan setelah saldo mencapai 5 gram dengan nilai kepingan emas mulai dari 0,5 gram. Seluruh prosesnya sangat mudah, transparan, dan aman, dengan biaya fasilitas penitipan emas yang relatif rendah. Tentunya keaslian emas Pegadaian juga terjamin 24 karat, jadi nilai jualnya tetap kompetitif, Clozetters.

Cara menabung di Pegadaian Tabungan Emas juga cukup mudah:

- Kamu bisa datang langsung ke outlet dan agen Pegadaian, atau mengunduh Aplikasi Pegadaian Digital yang bisa kamu temukan di Play Store dan App Store.

- Isi formulir permohonan pembukaan rekening Tabungan Emas dengan melampirkan data diri dan kartu identitas berupa KTP/paspor. Setelah itu, kamu akan mendapatkan buku Tabungan Emas yang bisa kamu ambil di outlet Pegadaian pembuka Tabungan Emas maksimal 6 bulan setelah pembukaan rekening.

- Top up Tabungan Emas bisa kamu lakukan melalui outlet Pegadaian, ATM, Aplikasi Pegadaian Digital, hingga agen Pegadaian terdekat.

- Jika ingin menjual emasmu, cukup ke outlet Pegadaian atau akses secara online melalui Aplikasi Pegadaian Digital. Minimum penjualan ialah 1 gram emas, dan maksimal hingga 100 gram emas perhari.

- Last but not least, saldo Tabungan Emas juga bisa kamu gadaikan untuk memperoleh dana tunai secara cepat. Menarik sekali, bukan?

Bagaimana, Clozetters? Sudah siap penuhi tabungan dana daruratmu dengan Pegadaian Tabungan Emas? Kamu bisa segera unduh aplikasi Pegadaian Digital dan datang ke outlet serta agen Pegadaian terdekat untuk memulainya. Info selengkapnya mengenai Tabungan Emas dapat kamu lihat melalui Instagram @sahabatpegadaian. Pastikan kamu follow juga agar tak ketinggalan update terbarunya, ya!

Latest Articles
Kolaborasi Limited Edition untuk Summer yang Penuh Warna
30 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty