Lifestyle

Panduan Seru Mendaki Puncak Tertinggi Jepang: Gunung Fuji!

by Farabi Prana Athallah on 17 Jun, 2024
Content Executive

Sumber: CNN.com

Siapa sih yang nggak tahu Gunung Fuji? Puncak tertinggi di Jepang yang super ikonik ini menjulang setinggi 3.776 meter di atas permukaan laut dan jadi puncak tertinggi di Jepang. Tiap tahun ada lebih dari 200.000 pendaki yang pengen menaklukkan puncak Gunung Fuji, mulai dari pemula sampai yang udah berpengalaman. Jadi, kalo kamu lagi nyari tantangan seru sambil liburan ke Jepang, mendaki Gunung Fuji bisa jadi pilihan yang tepat!

Jalur Pendakian Gunung Fuji

Rute Yoshida (Yamanashi)

Rute ini adalah yang paling hits dan dibuka dari 1 Juli - 10 September. Naik-turun lewat rute ini butuh sekitar 10 jam, 6 jam untuk naik dan 4 jam untuk turun. Banyak banget area istirahat dan pondok gunung di sepanjang jalur ini, jadi cocok buat pendaki pemula. Pemandangannya? Dijamin bikin hati meleleh!

Rute Subashiri (Shizuoka)

Dibuka dari 10 Juli - 10 September dan butuh sekitar 9 jam untuk naik-turun (6 jam untuk naik dan 3 jam untuk turun), rute ini jadi pilihan kedua buat yang berangkat dari Shizuoka karena lebih sepi dan tenang. Tapi hati-hati ya, curamnya bisa bikin jantung berdebar-debar!

Rute Gotemba (Shizuoka)

Kalo kamu suka tantangan dan mau mendaki jalur yang lebih panjang, kamu harus coba rute Gotemba. Dibuka dari 10 Juli - 10 September dan butuh sekitar 10 jam untuk naik-turun (7 jam untuk naik dan 3 jam untuk turun), rute ini hampir nggak punya pondok bermalam. Jadi, siapkan diri untuk berpetualang dengan fasilitas yang minim. Tapi pemandangannya eksklusif banget karena jarang ada pendaki lain yang lewat sini.

Rute Fujinomiya (Shizuoka)

Dibuka dari 10 Juli - 10 September dan butuh sekitar 8 jam untuk naik-turun (5 jam untuk naik dan 3 jam untuk turun), rute ini dikenal dengan jalur yang paling cepat dan juga paling berat, cocok buat yang udah berpengalaman. Pendakian dan penurunan melewati jalur yang sama, dengan banyak pondok dan fasilitas pertolongan pertama sepanjang jalan. Pemandangan matahari terbit dari jalur ini? Dijamin bikin terpesona!

Sumber: Japanistry.com

Peraturan dan Biaya Gunung Fuji

Mulai tahun 2024, setiap trailhead akan memungut biaya masuk sebesar ¥1.000 (lebih dari 1 juta rupiah), dan khusus untuk rute Yoshida, biayanya mencapai ¥2.000 (lebih dari 2 juta rupiah). Rute Yoshida juga membatasi jumlah pendaki hingga 4.000 orang per hari dan menutup pendakian pada jam 4 sore, kecuali kamu punya reservasi pondok. Jadi, pesan tempat serta pondok lebih awal dan cek situs web resmi pendakian gunung fuji untuk sumber informasi aturan dan reservasi ya!

Cara Terbaik Menuju Gunung Fuji

Jawaban singkatnya: naik bus dari Tokyo! Ada banyak layanan bus yang berangkat dari pusat kota, terutama Shinjuku, dan langsung menuju trailhead Gunung Fuji. Biar perjalanan lebih nyaman, kamu juga bisa naik kereta cepat atau reguler yang sampai dalam waktu sekitar 3 jam.

Sumber: Tokyocheapo.com

Waktu Terbaik Mendaki Gunung Fuji

Kalo kamu pengen mendaki Gunung Fuji tanpa harus ketemu salju yang bikin kaki beku, kamu bisa mendaki antara akhir Juni sampai pertengahan Oktober. Tapi, kalo kamu anti banget sama yang namanya keramaian, coba deh mulai pendakian di tiga minggu pertama bulan Juli. Atau, kalo kamu punya jadwal fleksibel, mending pilih bulan September atau Oktober. Selain cuacanya masih oke, pemandangannya juga nggak kalah keren, plus nggak perlu ngantri kayak beli tiket konser. Tapi, meskipun nggak ada salju, suhu di Gunung Fuji tetap bisa bikin kedinginan, lho. Suhunya bisa berkisar antara 13 sampai -1 derajat celcius. Jadi, pastikan kamu bawa perlengkapan mendaki yang lengkap dan memadai, biar tetap nyaman dan aman saat mendaki.

Seberapa Sulit Pendakian Gunung Fuji?

Meskipun banyak pendaki dengan berbagai tingkat kebugaran berhasil mencapai puncak tiap tahun, Gunung Fuji dianggap sebagai pendakian tingkat menengah karena alurnya curam dan menantang, jadi pastikan kamu dalam kondisi fisik yang baik dan siap dengan perlengkapan mendaki yang lengkap ya!

Sumber: Nationalgeographic.com

Persiapkan Pendakian Dengan Matang!

Cuaca di gunung bisa berubah cepat, jadi siap-siap bawa perlengkapan lengkap! Carrier 25-35 liter, jaket dan pakaian berlapis, sarung tangan hangat, sepatu hiking, head lamp, perlengkapan hujan, topi, kacamata hitam, dan tabir surya adalah beberapa item yang wajib dibawa. Jangan lupa juga bawa botol air isi ulang dan snack tinggi energi. Pastikan kamu bawa bukti identitas dan salinan reservasi pondok, karena sinyal kadang bisa hilang.

Dengan persiapan yang matang dan semangat yang membara, kamu pasti bisa menaklukkan puncak Gunung Fuji. Happy hiking, Clozetters!

More From Lifestyle
Maraton: Dari Legenda Kuno ke Ajang Lari Dunia
21 Jun, 2024
Lifestyle , Wellness