Beauty

Cari Tau Bentuk Matamu

by Cynda Adissa on 14 Aug, 2015

Setiap orang memiliki bentuk mata yang berbeda-beda. Hal ini akan mempengaruhi pengaplikasian makeup, terutama eyeshadow, yang cocok dengan bentuk mata. Kamu perlu mengetahui teknik make up yang tepat pada mata agar sesuai dengan bentuk wajahmu. Kali ini, Jeffrey Paul, makeup artist Christina Applegate dan Zooey Deschanel, membagi tips and trick yang tepat untuk setiap bentuk mata. 
Yuk, kita intip di bawah ini.

1. Mata Menonjol  (Protruding Eyes)

Mata menonjol membuat kelopak mata terlihat memiliki rongga. Luckily, tonjolan pada mata justru memberimu banyak ruang untuk berkreasi dengan eyeshadow. Menurut Jeffrey, untuk menyamarkan tonjolan mata, kamu dapat mengaplikasikan warna gelap pada kelopak mata. Warna gelap membantu memperkecil ukuran mata, smokey eyes juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk memperkecil mata. Jangan lupa, aplikasikan eyeliner tebal untuk memberi efek kecil pada mata.

Selebriti yang memiliki bentuk mata ini: Zoey Deschanel.

2. Mata Dalam (Deep Set Eyes)

Bentuk mata ini membuat kelopak mata terlihat lebih besar dari mata, serta memberi kesan cekung. Jeffrey menyarankan untuk memberi eyeshadow cerah pada kelopak mata dan warna gelap pada lipatan, agar mata terlihat lebih menonjol. Selain itu, kamu juga bisa memberi sedikit eyeshadow tipis berwarna cerah pada bagian bawah mata. Aplikasikan eyeliner setipis mungkin, agar mata tidak terlihat tenggelam.

Pada bagian bulu mata, sebaiknya gunakan mascara masterproof untuk mencegah noda, karena bulu matamu cenderung menempel pada kelopak mata yang menonjol. 

Selebriti yang memiliki bentuk mata ini: Kristen Stewart.

3. Monolid / Asian Eyes

Bentuk mata monolid cenderung datar dan tidak memiliki lipatan, sehingga tulang alis kurang terlihat. Jeffrey tips: untuk membuat tulang mata lebih terlihat, aplikasikan eyeshadow dengan gradien warna gelap ke terang.  Warna gelap pada kelopak mata dekat garis bulu mata, medium di tengah, dan terang atau highlight pada bagian atas ke arah tulang alis. Aplikasikan eyeliner tebal pada mata atas, dan eyeliner tipis pada mata bawah, agar matamu terlihat lebih besar.

Selebriti yang memiliki bentuk mata ini:  Lucy Liu

4. Mata Almond (Upturned Eyes)

Mata almond seringkali dianggap sebagai bentuk mata yang sempurna, karena sudut mata bagian luar terangkat alami. Jeffrey menyarankan untuk memakai eyeshadow gelap atau eyeliner hitam pada sudut mata bagian luar untuk menurunkan efek mengangkat. Kamu juga bisa mengaplikasikan smokey eyes, yang akan membuat matamu terlihat lebih hidup. Jangan lupa, beri masKara tebal pada bagian ujung luar mata. 

Selebriti yang memiliki bentuk mata ini:  Natalie Portman.

5. Mata Turun (Downturned Eyes)

Downturned eyes memiliki ciri sudut mata luar yang sedikit turun dan membuatnya terlihat sayu. Bentuk mata ini sangat sempurna untuk menciptakan bentuk mata kucing seksi. "Aplikasikan eyeliner cair pada garis mata atas yang menebal pada bagian sudut mata luar dan mengarah ke atas pada sudut 45 derajat," kata Jeffrey. Efek ini akan membuat matamu terlihat lebih simetris. 

Selebriti yang memiliki bentuk mata ini:   Nicole Kidman.

6. Mata Bertudung (Hooded Eyelids)

Hooded eyes memiliki ciri, yaitu adanya lapisan kulit lebih yang berada di atas lipatan. Hal ini menyebabkan sebagian kelopak mata tidak terlalu terlihat saat mata terbuka. Kamu dapat mengaplikasikan eyeshadow gelap untuk menyamarkan hooded eyes. Beri eyeliner pada waterline mata atas (tightline) untuk mempertegas dan membuat mata terlihat lebih besar. 

Selebriti yang memiliki bentuk mata ini:  Paris Hilton.

7. Mata Berjarak Dekat  (Close-Set Eyes)

Bentuk mata ini memiliki jarak yang cukup dekat antara kedua mata, jaraknya kurang dari satu bola mata. Jeffrey tips: Aplikasi eyeshadow glitter atau warna terang pada sudut mata bagian dalam membantu menciptakan ilusi. Sehingga jarak kedua mata akan terlihat lebih lebar. Kamu juga bisa mencoba warna nude atau putih sparkling. Untuk pemakaian mascara, aplikasikan ekstra mascara atau tebalkan mascara pada bagian sudut luar mata, agar lebih terfokus pada sudut mata bagian luar.

Tips tambahan: Kamu dapat memanjangkan alis ke bagian luar untuk mengalihkan fokus mata ke sudut luar.

Selebriti yang memiliki bentuk mata ini:  Miley Cyrus.

8. Mata Berjarak Lebar (Wide-Set Eyes)

Bentuk mata ini memiliki ciri jarak kedua mata lebih dari panjang satu bola mata. Jeffrey menyarankan untuk mengaplikasikan eyeshadow berwarna gelap pada sudut mata dalam, agar menimbulkan efek sempit antara jarak kedua mata. Aplikasikan eyeliner pada mata atas dan bawah tepat di garis bulu mata serta gunakan maskara tebal mulai dari tengah mata ke arah hidung. 

Selebriti yang memiliki bentuk mata ini: Amanda Seyfried

Latest Articles
Kolaborasi Limited Edition untuk Summer yang Penuh Warna
30 Apr, 2024
Cooljapan , Style & beauty