Lifestyle

Langkah Mudah Penuh Nutrisi Anak

by Cynda Adissa Lianita on 02 Nov, 2017
Community Executive

Sumber foto: Clozette Ambassador Yanitasya
Usia 6-12 tahun menjadi waktu yang penting untuk anak mulai mengenal berbagai aktivitas dan bersosialisasi dengan teman sebaya baik itu di sekolah atau di rumah. Sebagai orang tua, tentu saja harus mengawasi tumbuh kembang anak dan cara anak bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar. Salah satunya dimulai memperhatikan asupan nutrisinya. 
Jangan khawatir, asupan nutrisi anak dapat tercukupi dimulai dengan komponen yang sederhana. Yuk, dukung tumbuh dan kembang anak dengan mencukupi kebutuhan nutrisinya berdasarkan lima komponen berikut.
5 komponen penting untuk memenuhi nutrisi anak: 
1. Karbohidrat 
Untuk menjalani beragam aktivitasnya, anak membutuhkan sumber energi yang didapat dari karbohidrat. Penuhi kebutuhan karbohidrat anak dengan memberikan makanan yang kaya akan serat dan pati. Misalnya: nasi, sereal gandum, roti, kentang, dan pasta. 
2. Protein 
Protein dibutuhkan agar tumbuh kembang anak dapat optimal. Protein dapat membantu proses pembentukan sel, melawan infeksi, menghasilkan energi, dan mengangkut oksigen. Asupan protein anak bisa didapatkan dengan menyajikan makanan seperti daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan. 
3. Asam Lemak Esensial 
Lemak juga memiliki manfaat untuk perkembangan anak, salah satunya adalah asam lemak esensial (omega 3 dan omega 6). Nutrisi ini dapat membantu pembentukan sel, mengatur sistem saraf, dan membantu tubuh memproses penyerapan nutrisi. Asam lemak esensial dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan laut (tuna, salmon, sardine), sayuran berdaun, dan minyak kedelai. 
Sumber foto: Clozette Ambassador Diarykania
4. Vitamin dan Mineral 
Vitamin C, D, A, dan E memiliki peran yang penting dalam perkembangan anak. Vitamin tersebut memiliki peran tersendiri, misalnya Vitamin C yang dibutuhkan untuk pembentukan dan perbaikan sel darah merah, tulang, dan jaringan tubuh. Vitamin D untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Vitamin A memiliki peran penting untuk indra penglihatan, dan Vitamin E berperan menangkal radikal bebas dan berperan dalam system kekebalan tubuh. Selain vitamin, zat besi juga merupakan mineral penting untuk membuat sel darah merah. Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral anak dengan mengonsumsi sayur-sayuran, buah, kacang-kacangan, daging merah, telur, dan ikan. 
5. Susu
Sudah memenuhi empat komponen nutrisi di atas? Lengkapi kebutuhan nutrisi anak dengan susu. Seperti ungkapan yang selama ini dikenal, yaitu “4 sehat 5 sempurna”. Susu menjadi langkah terakhir sebagai salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan anak. Sayangnya, orang tua seringkali kesulitan untuk membuat anak minum susu karena susu kaleng atau susu bubuk sulit dibawa saat anak bermain atau berpergian. Untuk menjawab masalah kepraktisan ini bisa dimulai dengan memberikan DANCOW Fortigro UHT
DANCOW Fortigro UHT 110ml diciptakan sebagai susu siap minum yang bisa dibawa kemanapun oleh si Kecil.
Formula DANCOW Fortigro UHT mengandung susu sapi segar, Vitamin A, C, dan E yang bermanfaat untuk perlindungan anak. Kemasannya yang kecil membuat DANCOW Fortigro UHT praktis untuk dibawa dan dikonsumsi kapan pun dan di mana pun. DANCOW Fortigro UHT juga hadir dalam dua rasa, yaitu coklat dan stroberi yang disukai oleh anak-anak. Informasi selengkapnya bisa dilihat, di sini.